Home / Auto / Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC Adelaide!
Tiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) memulai balapan pertama ARRC putaran kedua dari 3 posisi terdepan berdasarkan hasil kualifikasi pada Jumat (20/4) di The Bend Motorsport Park, Adelaide, Australia. Ist

Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC Adelaide!

Adelaide, NextID – Tampil dominan sejak sesi kualifikasi, 2 pebalap Astra Honda menuntaskan balapan pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 kelas AP250 dengan mengibarkan bendera Merah Putih dari podium pertama oleh Rheza Danica Ahrens dan podium kedua oleh Mario Suryo Aji.

Tiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) memulai balapan pertama ARRC putaran kedua dari 3 posisi terdepan berdasarkan hasil kualifikasi pada Jumat (20/4) di The Bend Motorsport Park, Adelaide, Australia. Pada lap awal, Mario langsung melesat jauh memimpin jalannya balapan. Rheza pun tak kalah tangguhnya menyusul Mario di barisan terdepan dan duet pebalap ini meninggalkan pebalap lainnya sejak memasuki lap ke-4. Sementara itu, pebalap Awhin Sanjaya terus berjuang memperebutkan posisi ketiga dengan 2 pebalap lain dari Indonesia dan Thailand.

Perebutan posisi pertama pun terjadi di lap ke-6 antara Mario dan Rheza. Rheza berhasil mengambil alih posisi pertama pada lap ke-7 hingga akhir jalannya balapan sebanyak 9 lap dengan total waktu 19:18.191. Sementara Awhin terpaksa merelakan podium ketiga karena terjatuh pada dua tikungan terakhir menjelang garis finis.

“Alhamdullillah, saya bersyukur bisa mencapai target juara di race 1 ini. Sejak awal saya coba fokus untuk menjaga irama dan tidak tergesa-gesa. Saya coba konsisten dalam penentuan line dan in – out nya di tikungan, serta fokus untuk tidak membuat kesalahan. Ini podium yang sangat berarti buat saya dan AHRT. Setelah ini, konsentrasi saya tinggal dicurahkan untuk berusaha agar podium 1 tetap menjadi milik saya besok di race 2. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Rheza.

“Senang sekali, hari ini saya mengawali balap dengan baik. Bahkan sempat memimpin sampai 4 lap awal. Tapi jujur saya masih kurang tenang sehingga melakukan sejumlah kesalahan yang menyebabkan beberapa kali sempat keluar dari line. Pada lap ke 11, saya coba untuk push lebih dekat titik pengeremannya, tetapi kurang sempurna dan hampir low side. Bagaimanapun juga ini balap yang sangat bagus buat saya. Saya tetap senang di podium 2 melengkapi sukses AHRT di race ini. Saya akan kembali tampil maksimal di race 2 besok,” ujar Mario.

“Usaha saya untuk tetap berada di persaingan top group sebenarnya berjalan sesuai rencana. Saya memulai start dengan bagus dan mampu bertahan dalam top group sampai lap 8. Sayang di tikungan 17 saya mengalami crash dan gagal meraih target podium. Ini akan saya jadikan pelajaran, besok saya akan berusaha kembali di race 2. Mohon doanya agar usaha saya dimudahkan dan dilancarkan dalam menggapai podium di Australia ini,” ujar Awhin.

Menaklukkan sirkuit yang baru pertama kali dipakai untuk ARRC tidaklah mudah. Kondisi angin kencang dan trek yang bergelombang mengakibatkan banyak insiden pebalap terjatuh di balapan ARRRC kelas supersports 600cc. Balapan pun sempat dihentikan dua kali karena insiden yang melibatkan beberapa pebalap. Penyelenggara pun akhirnya menyatakan balapan pertama yang baru berjalan 6 lap dari total 15 lap yang direncanakan harus dihentikan dan akan dilanjutkan pada balapan kedua hari Minggu (22/4).

Sebelum balapan dihentikan, Andi ‘Gilang’ Farid Izdihar menempati posisi kedua dan Irfan Ardiansyah pada posisi keenam.

Balapan kedua ARRC putaran kedua diselenggarakan pada Minggu pukul 12.15 WIB untuk kelas AP250 dan 13.15 WIB untuk kelas Supersports 600.

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply