Sunday , 1 August 2021
Home / Auto / Perjalanan “Turbocharge Technology” Toyota
Walau mesin Toyota Raize 1000 cc tapi setara 1500 cc. Ist

Perjalanan “Turbocharge Technology” Toyota

Jakarta, NextID – Turbo atau turbocharge adalah komponen yang dipasang pada bagian pipa gas buang kendaraan, di mana tugasnya adalah memanfaatkan gas buang dari mesin untuk memutar baling-baling pada turbin sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dan tambahan oksigen dalam volume yang banyak untuk disalurkan ke dalam mesin dalam rangka membantu proses pembakaran sehingga tenaga mesin yang dihasilkan meningkat.

Salah satu model legendaris yang menyita perhatian pecinta kecepatan karena aplikasi turbo adalah Toyota Supra yang memanfaatkan dapur pacu 2.000 cc 4-silinder turbo di tahun 1986. Puncaknya adalah generasi keempat Supra di tahun 1993 bermodalkan mesin 3.000 cc turbo JZ-Series yang legendaris. Tradisi ini berlanjut hingga Supra Gen-5 yang mulai mengaspal di tahun 2019.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Fortuner Diesel telah mengaplikasikan turbo untuk mendongkrak tenaga dan torsi yang dihasilkan. Penggunaan turbo juga meningkatkan efisiensi mesin sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan. Dan yang tidak kalah penting, pembakaran sempurna berkat penggunaan turbo ikut menurunkan emisi gas buang kendaraan.

Saat ini berkembang tren mesin lebih kecil dilengkapi dengan turbo guna meraih seluruh manfaat di atas yang menjadikan lebih lebih irit bahan bakar, tapi dengan turbo tenaga yang dihasilkan meningkat sambil tetap menjaga efisiensi mesin. Ditambah respons turbo modern yang semakin instan, membuat mobil dengan fitur ini terasa menghibur di jalan.

Salah satu hasil pengembangan mesin kompak dengan dorongan turbo adalah Toyota GR Yaris. Kode GR mengindikasikan bahwa mobil lincah dan powerful ini dikembangkan secara khusus oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR), divisi balap Toyota yang memiliki prestasi mengagumkan di ajang balap ketahanan dunia (WEC) dan reli dunia (WRC) sejak berdiri di tahun 2015.

Belajar dari pengalaman di dunia balap, Toyota melihat bahwa kompetisi di sirkuit membuat desainer dan engineer memberikan dukungan teknologi sampai batas maksimal hingga melahirkan terobosan dan inovasi yang selanjutnya diterapkan ke produksi massal sebagai langkah making ever-better cars. Model lain yang mendapatkan sentuhan tangan dingin TGR antara lain adalah GR Supra dan segera diikuti oleh GR 86.

Toyota GR Yaris mengadopsi mesin all new 1.600 cc 3-silinder direct injection turbocharge yang mampu menghasilkan tenaga puncak 272 PS dan torsi dahsyat 370 Nm. GR Yaris yang baru saja dihadirkan tahun 2020 sudah mengundang perhatian car enthusiast, termasuk di Indonesia.

Diajak bermanuver, sepertinya siap. Ist

Meski tidak dibidani oleh TGR, All New Raize mengambil pendekatan yang sama di mana Compact SUV ini menggunakan mesin super kompak 1.000 cc 3-silinder turbo dengan pasokan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih besar, lebih irit bensin, dan lebih ramah lingkungan. Sekaligus ditambah penggunaan transmisi CVT yang dikenal halus namun tetap responsif serta menjanjikan efisiensi berkendara yang tinggi. Toyota Raize juga akan dilengkapi dengan pilihan mesin normally aspirated 1.200 cc 3-silinder pada tipe 1.2 G yang nantinya juga dapat dipesan oleh masyarakat Indonesia.

Sedikit penjelasan mengenai pemberian label GR pada produk terbaru Toyota. GR di GR Supra dan GR Yaris ini berbeda dengan GR pada Raize. Sama-sama GR, bedanya adalah satu adalah Sports Car, satunya adalah lebih ke Sporty Car.

Kalau berbicara mengenai GR Brand, ada yang disebut dengan Pure GR Sports Car, seperti GR Supra dan GR Yaris. Memang mobil ini didesain untuk performance. Untuk Pure GR ini, penyebutannya agak berbeda, di mana penggunaan GR-nya ada di depan. Sehingga disebut GR Supra dan juga GR Yaris. Sedangkan satu lagi adalah yang disebut GR Sport, ini untuk orang yang suka style yang lebih sporty. Dan penyebutannya ada di bagian belakang, seperti pada Toyota Raize GR Sport.

About Gatot Irawan

Check Also

Honda “Siap Perang” Jelang F1 Grand Prix Hungaria

Budapest, NextID – Tim balap Honda kembali bersiap untuk melakukan balapan F1 Grand Prix Hungaria …

Leave a Reply