Thursday , 24 June 2021
Home / Auto / Piknik Kuliner dan Budaya Bersama XPANDER
Salah satu spot unik di lintasan Grup 1. Ist

Piknik Kuliner dan Budaya Bersama XPANDER

Solo, NextID – Akhirnya setelah sekian lama ditunggu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengajak awak media untuk melakukan test drive XPANDER yang dibagi dalam tiga sesi. Awak thenext.id masuk ke grup pertama dengan rute Semarang – Solo yang digelar 4 – 6 Maret 2018 lalu.

Peserta dengan total sekitar 90 media dibagi menjadi 3 grup dengan rute Semarang menuju Solo untuk grup 1 pada 4 – 6 Maret 2018, Solo menuju Yogyakarta untuk grup 2 pada 6 – 8 Maret 2018, dan Yogyakarta menuju Semarang untuk grup 3 pada 8 – 10 Maret 2018 dengan total jarak tempuh mencapai 750 km.

Khusus rute Semarang – Solo (sekitar 160 km), rutenya “termewah” karena melintasi kawasan pegunungan sejuk, di mana di kiri kanan adalah Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Dan ini menarik karena rute kaya dengan aneka tanjakan dan turunan, serta ditimpali tikungan tajam. Suasana ini sangat keren karena sekaligus pembuktian seberapa sakti Sport MPV Mitsubishi itu melibas rintangan tersebut.

Dari subuh kami sudah siap di Bandara Soekarno – Hatta untuk terbang ke Bandara Ahmad Yani di Semarang. Ada 9 unit XPANDER yang disiapkan, terdiri dari 3 tipe yakni Ultimate, Sport dan Exceed. MMKSI membagi 4 orang jurnalis dalam satu kendaraan. Thenext.id mendapat bagian varian Ultimate bertransmisi otomatis Kami start dan langsung memasuki tol menuju rest area Tong Tjie untuk sarapan ala kadarnya, sebelum menuju Kopeng Treetop Adventure Park di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Kendaraan anyar ini yang masuk kategori Low MPV, menunjukkan performa cukup beringas di jalan menanjak maupun menurun dengan variasi tikungan tajam sekalipun. Kekhawatiran orang bahwa mobil berpenggerak roda depan ini bakal rewel, tidak terbukti, Bahkan ketika melintasi permukaan jalan beton yang yang bergelombang di tol, nyaris lembut.

Test drive ini berlangsung tertib karena wajib di barisan untuk memudahkan kontrol.  Ist
Test drive ini berlangsung tertib karena wajib di barisan untuk memudahkan kontrol. Ist

Mitsubishi Motors via MMKSI memang amat serius menggarap segmen ini, dan ini terbukti akhirnya laris di Tanah Air. Dan, Xpander ternyata mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpang. Insulasinya jempolan untuk mobil sekelasnya yang membuat kabinnya cukup kedap.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 XPANDER diterima dengan sangat baik, yang terbukti penjualannya menembus angka lebih dari 27.000 unit hingga Februari 2018 dan marketshare 27% pada Januari 2018. “Hingga kini, tercatat lebih dari 55.000 pemesanan kendaraan XPANDER yang merupakan sebuah pencapaian luar biasa. Dalam tahun 2018, XPANDER juga akan mulai di ekspor ke beberapa negara ASEAN seperti Filipina dan Thailand,” ujar .

Terpatahkan
Mobil berpenggerak roda depan yang selama ini dirisaukan calon konsumen, terpatahkan dalam test drive ini. Jagoan baru MMKSI itu sama sekali tak mengalami kesulitan berarti selama perjalanan.Walau mengusung mesin1.5-liter MICEV tapi cukup mampu melibas rintangan saat itu, karena tenaga maksimalnya mencapai 102 hp pada 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Di Kopeng Treetop Adventure Park kami santap siang. Di sini dihadirkan selebrity Instagram penyuka travelling yang molek, Erica Putri. Dia memberikan tips bagaimana berpikinik dengan bajet minimal namun hasilnya maksimal. Lumayanlah mata jurnalis terhibur mendengar celotehannya.

Rencana awal untuk ke Ketep Pass untuk sesi foto dibatalkan karena waktu yang mepet, Lalu kami langsung menuju sentra pengrajin tembaga di Cepogo yang dikelola apik dengan nama AA Gallery. Lokasinya tak jauh dari sana dengan medan jalan menurun. Setelah diajak berkeliling ternyata galeri tembaga ini memasok galeri-galeri mewah untuk perabot kelas atas di kota-kota besar. Harga untuk lampu gantung maksimal Rp 145 juta!

Peta lintasan grup 1: Semarang - Solo.  Ist
Peta lintasan Grup 1: Semarang – Solo. Ist

Melihat jadwal acara selama dua hari yang dipadu dengan cultural trip yakni mengunjungi destinasi wisata dan kuliner khas Jawa Tengah ini menjadi makin tak terlupakan. Soalnya para peserta juga melakukan beberapa workshop untuk mengeksplorasi budaya yang ada di lokasi tujuan agar semakin mengenal budaya dan potensi wisata baru.

Yang menarik, acara ini diselingi permainan baik secara konvensional maupun digital yang diberikan kepada seluruh peserta, yang tak hanya sekadar permainan, melainkan juga untuk sekaligus menguji fitur terbaik yang dimiliki XPANDER. Lebih istimewa lagi, dihadirkan Key Opinion Leader (KOL) ternama ikut serta dalam masing-masing grup guna berbagi pengalaman dan wawasannya kepada jurnalis.

Pada hari kedua, kegiatan lebih santai karena di pusatkan hanya di Kota Solo. Berkunjung ke diler terbesar Mitsubishi untuk menyaksikan serah terima unit XPANDER ke konsumen, dan ke galeri Danar Hadi. Di sini kami mendapat penjelasan sejarah dan pembuatan batik yang dilakukan pemilik di eranya. Yang unik, kami di sini belajar membatik dan ternyata membatik itu susah. Jadi jika ada batik yang berharga mahal, jangan kaget! Jika tertarik dan cukup dana, bungkuslah!

About Gatot Irawan

Check Also

Yuk, Gowes Nyaman di Akhir Pekan

Jakarta, NextID – Saat ini bersepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang sangat digemari. Varian …

Leave a Reply