Tuesday , 21 September 2021
Home / Auto / Mendengarkan Musik di dalam Mobil
Salah satu sistem dalam audio mobil, Pilih yang nyaman dan aman. Ist

Mendengarkan Musik di dalam Mobil

Jakarta, NextID – Perjalanan yang dilakukan setiap hari tentu dapat menimbulkan rasa bosan saat berada di dalam mobil. Apalagi perjalanan jauh, perjalanan yang macet berkepanjangan dan perjalanan yang dilakukan sendirian. Biasanya, masing-masing orang mempunyai tingkat kebosanan yang berbeda-beda saat perjalanan.

Salah satu cara agar tidak cepat bosan dan lebih nyaman di dalam mobil adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik yang sesuai dengan suasana hati, akan membawa perasaan seseorang ke zona yang lebih nyaman. Bahkan tidak sedikit orang yang selalu mendengarkan musik setiap waktu pada saat menyetir.

Musik yang diputar mempunyai pengaruh tersendiri terhadap orang yang mendengarkannya. Musik rock dan heavy metal dapat meningkatkan agresifitas dalam mengemudi. Sedangkan jenis musik yang terlalu pelan temponya justru dapat membuat penumpangnya dapat mengantuk dan berakhir dengan tertidur.

Bagi penumpang mungkin sah-sah saja untuk terlelap tidur, yang penting ada salah satu yang menemani pengemudinya jika memang pengemudi tersebut adalah teman atau saudara dekat. Namun untuk pengemudi jangan sampai terbawa suasananya untuk menjadi mengantuk. Jika driver mengantuk tentu mengandung resiko yang berpontensi kecelakaan.

Volume musik yang tidak sewajarnya (kencang) pada saat mengendarai mobil dapat meningkatkan stress orang yang berada di dalam mobil. Konsentrasi untuk menyetir mobil akan sulit untuk di kontrol, sehingga mengandung resiko.

Selain itu, mendengarkan musik dengan volume yang keras atau kencang, akan menimbulkan ketidak-tanggapan dengan lingkungan dan suara di luar kabin tidak akan terdengar sampai ke dalam mobil. Sehingga suara klakson dan suara lainnya yang sifatnya mengingatkan mobil yang sedang dikendarai bisa jadi tidak terdengar. Volume musik yang baik saat berkendara adalah cukup di angka 30% sampai dengan 40% agar berkendara tetap nyaman dan aman.

Khusus pecinta musik yang melengkapi mobilnya dengan audio sound system yang mempunyai output besar, jika sedang mendengarkan musik di jalan, sebaiknya tetap konsentrasi dalam mengemudi , untuk menjaga agar mengemudi tetap aman bagi diri sendiri serta aman juga untuk orang lain. (AstraWorld)

About Gatot Irawan

Check Also

HRSC 2 Lahirkan Juara Baru!

Jakarta, NextID – Babak ketiga dari Honda Racing Simulator Championship (HRSC) musim kedua baru saja …

Leave a Reply