Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Daihatsu Gelar Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK
Inilah para pemenang dari SMK pada gelaran Daihatsu Skill Contest yang digelar Jumat (2/12) di Jakarta. Ist

Daihatsu Gelar Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK

Jakarta, NextID – Mengulang sukses tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu kembali menyelenggarakan program Daihatsu Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK. Program ini merupakan ajang kompetisi kompetensi teknis Guru dan Siswa SMK bidang otomotif yang berlangsung dari Juli –  Desember 2016.

Melalui kompetisi ini, Daihatsu ingin berkontribusi pada pengembangan pendidikan SMK, sekaligus meningkatkan motivasi Guru dan Siswa SMK di Indonesia. Jika pada tahun 2015 lalu, tercatat jumlah peserta sebanyak 8.398 orang yang terdiri dari 7.711 siswa dan 687 guru SMK, maka pada tahun 2016 ini jumlah peserta mencapai 9.562 orang terdiri dari 8.134 siswa dan 1.428 guru SMK dari seluruh Indonesia.

Tahapan seleksi Daihatsu Skill Contest untuk Guru dan Siswa SMK dilakukan melalui lima tahapan utama, yakni registrasi online yang dapat diakses melalui website Daihatsu Indonesia (http://daihatsu.co.id/skill-contest/), online test tahap 1, online test tahap 2, regional test (Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan IBT), dan national test yang diselenggarakan Jumat (2/12) di Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Bagi peserta terbaik, Daihatsu memberikan penghargaan berupa Daihatsu Engine & Transmission kepada sekolah pemenang, dan beasiswa kuliah di Politeknik Manufaktur Astra untuk juara 1 kategori Siswa, serta perjalanan ke luar negeri untuk juara 1 kategori Guru dan Siswa.

Daihatsu sebagai bagian dari industri otomotif di Tanah Air merasa peduli terhadap dunia pendidikan nasional khususnya SMK. Daihatsu memiliki Program corporate social responsibility (CSR) bidang pendidikan sebagai pilar “Pintar Bersama Daihatsu” yang bersinergi dengan pemerintah mengembangkan pendidikan di tingkat SMK.

Gelaran ini sekaligus Expo SMK yang diikuti SMK teladan.  Ist
Gelaran ini sekaligus Expo SMK yang diikuti SMK teladan. Ist

Bersama Dinas Pendidikan di sejumlah provinsi, Daihatsu menyusun integrated curriculum SMK dan menerapkannya di seluruh SMK Binaan Daihatsu. Kurikulum Daihatsu tersebut membekali guru dan siswa SMK dengan ketrampilan dasar (basic skill) dan budaya industri (industrial culture), sehingga lulusan SMK memiliki daya saing yang tinggi, trampil, kompeten, dan ‘siap pakai’ di dunia industri.

Kontribusi Daihatsu dalam penerapan kurikulum otomotif di SMK merupakan bukti komitmen Daihatsu untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan SMK di  Tanah Air. “Kami berharap acara ini dapat memacu insan pendidikan khususnya Guru dan Siswa SMK untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Indonesia, sehingga lulusan SMK memiliki daya saing tinggi di dunia industri,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, di sela acara.

About Gatot Irawan

Check Also

40 Tahun Inovasi dan Kesuksesan Peugeot Sport

Jakarta, NextID – Peugeot Global terus melakukan langkah inovasi. Tidak terkecuali pada divisi Peugeot Sport …

Leave a Reply