Home / Auto / Makin Dewasa dalam Kebersamaan dan Hobi
Deretan kombi parkir rapi di acara syukuran HUT VVC ke-35 Tahun di Taman Lalu Lintas Buperta Cibubur. Ist

Makin Dewasa dalam Kebersamaan dan Hobi

Jakarta, NextID – Pada Minggu (6/11) lalu, keluarga besar Volkswagen Van Club (VVC) Jakarta berkumpul di Taman Lalu Lintas Bumi Perkemahan Cibubur untuk bersilaturahmi sekaligus mensyukuri keberadaan mereka selama 35 tahun di Tanah Air. VVC merupakan klub VW tertua di Tanah Air yang berisikan hanya VW khusus Tipe-2 atau van saja.

“Kami berkumpul hari ini utamanya untuk mensyukuri nikmat Tuhan yang diberikan ke kami semua, sehingga sampai sekarang ini masih diberi kesempatan dan bisa terus eksis serta menikmati hobi dengan kombi-kombi kesayangan kami ini. Syukur alhamdulillah,” ujar Irjen Pol. (Purn) Drs. Pamudji R. Soetopo, SH, MH, Ketua Umum VVC dalam sambutannya.

Menurut Pamudji R. Soetopo, usia 35 tahun bagi sebuah klub tidaklah mudah untuk bisa eksis dan aktif. Proses membangun makna dan aksi dari kebersamaan, gotong-royong, dan kekeluargaan menjadi 3 kata kunci hingga akhirnya klub ini bisa terus langgeng dan menjadi panutan klub-klub otomotif lainnya, khususnya berbagai klub VW yang ada di Tanah Air.

“VVC telah terbukti mampu melakukan berbagai kegiatan, dari family touring sebagai agenda wajib, pameran, balap VW, bursa, hingga bakti sosial, pernah dan selalu kita lakukan,” imbuh Pamudji R. Soetopo.

Menurunya, pembenahan diri organisasi pun terus dilakukan. Dalam acara syukuran 35 tahun ini, pengurus VVC juga melakukan registrasi ulang bagi para anggotanya yang aktif maupun tidak aktif. Hal ini perlu dilakukan agar lebih tertib secara organisasi dan mendukung proses regenerasi kepengurusan yang berkelanjutan.

“Registrasi ulang diharapkan bisa memberikan data valid para anggota yang aktif dengan kombinya, aktif tapi sudah tidak memiliki kombi, dan tidak aktif namun masih menyimpan unit kombinya. Ini tentunya sekaligus mengajak mereka agar bisa kembali aktif agar klub milik bersama ini bisa terus ada,” jelas Ir. H. Aldy Gondokoesoemo, Ketua Harian VVC.

Penyerahan tumpeng di kegiatan tersebut.  Ist
Penyerahan tumpeng di kegiatan tersebut. Ist

Dari data terakhir, total nomor keanggotaan VVC sudah melebihi 500 anggota. Namun memang, tidak semuanya aktif dan ini yang harus dibenahi dan distimulasi agar bisa mendukung berputarnya roda organisasi. Kendati demikian, Aldy masih bersyukur kalau anggota aktif VVC hingga kini masih cukup banyak yang ikut mendukung dan menyukseskan beberapa program yang telah ditentukan oleh pengurus.

Selain tumpengan dan berdoa demi kelangsungan klub, ajang silaturahmi dan syukuran ulang tahun ke-35 tahun ini diisi dengan laporan pertanggungjawaban pengurus atas beberapa agenda klub yang telah dilakukan, hiburan musik, lomba mewarnai dan melukis bagi anak-anak, diskusi masalah seputar problem teknis dan kelangkaan suku cadang, perencanaan agenda family touring hingga akhir tahun ini, serta  penetapan Project Officer untuk kegiatan touring tahun 2017 nanti.

“Satu keunikan VVC lainnya, beberapa nomor lambung anggota kini sudah beralih ke para anak-anaknya yang kini melanjutkan hobi orang tuanya. Dan, mereka kini cukup aktif mengikuti berbagai agenda klub,” imbuh Aldy lagi.

Acara yang berlangsung akrab dan meriah tersebut terlihat kuat kebersamaannya. Mulai dari hidangan yang tersedia hingga lainnya, semua diatasi bersama. Beberapa anggota yang lama tak terlihat dengan kombinya karena lama terparkir di garasi, ikut muncul bergabung. Yang sudah tidak memiliki kombi juga ikutan datang.

Acara yang penuh kekeluargaan dan guyup.  Ist
Acara yang penuh kekeluargaan dan guyup. Ist

“Pokoknya meski kombi sudah tidak ada, silaturahmi dan persaudaraan terus berlanjut. Inilah indahnya kebersamaan,” ucap Harvyanto Suharto, yang sudah menerima estafet amanat nomor lambung keanggotaan dari ayahnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply