Jakarta, NextID – Melewati Oktober 2016, penjualan Daihatsu selama 10 bulan terakhir berhasil menembus angka 150.000 unit. Wholesales Daihatsu meraih angka 153.114 unit, naik 9% dibandingkan periode yang sama tahun 2015, sebesar 140.723 unit. Demikian pula dengan retail sales yang berhasil mencapai 152.440 unit, naik 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sebesar 137.172 unit.
Pencapaian unit sales Daihatsu ini pun diiringi dengan kenaikan pangsa pasar. Daihatsu berhasil meningkatkan pangsa pasar wholesales dari 16,5% (Jan-Okt 2015) menjadi 17,5% (Jan-Okt 2016). Sedangkan pangsa pasar retail sales meningkat dari 16,2% menjadi 17,5% selama periode tersebut.
Melihat data wholesales Januari – Oktober 2016, kontributor utama Daihatsu ada tiga yakni Xenia, Ayla, dan Gran Max Pick Up (PU). Xenia mencapai 36.587 unit atau 23,9%, Ayla sebanyak 34.744 unit (22,7%), dan GM Pick Up 31.270 unit (20,4%). Disusul oleh Sigra 19.778 unit (12,9%), Terios 12.732 unit (8,3%), Gran Max Mini Bus (MB) 11.411 unit (7,5%), Luxio 3.589 unit (2,3%), Sirion 2.620 (1,7%), dan Hi-Max 381 unit (0,2%).
Demikian pula dengan retailsales Januari-Oktober 2016, tidak jauh berbeda dengan Wholesales. Tiga penopang utama adalah Xenia, Ayla, dan GM Pick Up. Xenia berkontribusi terbanyak 38.354 unit (25.2 %), disusul Ayla 35.095 unit (23%), GM Pick Up 34.602 unit (22.7%). Kemudian Sigra meraih 14.716 unit (9.7%), Terios 11.919 unit (7.8%), GM Mini Bus 11.602 unit (7.6%), Luxio 3.661 unit (2.4%), dan Sirion 2.489 unit (1.6%).
“Kinerja penjualan Daihatsu terus meningkat. Prestasi khusus diraih Astra Daihatsu Sigra, yang sejak peluncuran 2 Agustus 2016 lalu, langsung menjadi kontributor utama Daihatsu pada tiga bulan terakhir (Aug-Sept-Oct 2016) baik wholesales maupun retail sales. Kami optimis Daihatsu dapat mencapai target penjualan hingga akhir tahun 2016, dengan kondisi saluran distribusi yang sehat,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Selasa (15/11).