Jakarta, NextID – Serapan pasar otomotif domestik menunjukkan pergerakan yang menarik. Retail sales periode Januari – April 2016 mencapai 346.784 unit, naik tipis 1% dibanding periode yang sama 2015 sebesar 344.352 unit. Sementara wholesales Januari-April 2016 hanya mencapai 352.028 unit, turun 3% dibandingkan periode yang sama 2015 sebesar 363.944 unit.
Daihatsu hingga bulan April 2016 berhasil mencapai angka wholesales 56.854 unit dengan market share 16,2% dan retail sales 57.396 unit dengan market share 16,6%.
Wholesales Daihatsu Januari-April 2016 disumbang oleh Gran Max Pick Up 15.622 unit atau 27,5% dan Gran Max Minibus 5.086 unit atau 8,9%. Sehingga total penjualan Gran Max, mencapai 20.708 unit atau 36,4%.
Posisi kedua, Astra Daihatsu Ayla sebesar 16.014 unit atau 28,2%. Great New Xenia menempati peringkat ketiga, dengan menyumbang 13.266 unit atau sebesar 23,3%. Berikutnya adalah SUV Terios menyumbang 4.617 unit atau 8.1%. Disusul dengan Daihatsu Luxio terjual 1.227 unit atau 2,2 %, dan Daihatsu Sirion 1.020 unit, atau sebesar 1,8%.
Tidak jauh berbeda dengan wholesales, komposisi penjualan retail sales per type, kontribusi terbesar diduduki oleh Gran Max, dengan komposisi Gran Max Pick Up 15.108 unit atau sebesar26,3%, Gran Max Mini Bus 4.763 unit atau sebesar 8,3%. Sehingga total Gran Max terjual 19.871unit, atau sebesar 34,6%.
Di posisi kedua, Astra Daihatsu Ayla, menyumbang 15.591 unit, atau sebesar 27,2% dari total penjualan retail sales Daihatsu. Great New Xenia di posisi ketiga menyumbang 14.729 unit, atau sebesar 25,7%. Terios, menyumbang 4.523 unit, atau sebesar 7,9% disusul dengan Luxio sebesar 1.501 unit atau sebesar 2,6% dan Daihatsu Sirion menyumbang 1.180 unit atau sebesar 2,1%.
“Kami bersyukur, hingga bulan April 2016 ini, Daihatsu mencapai penjualan yang cukup baik, meskipun proyeksi pasar otomotif domestik 2016 diperkirakan stagnan. Menyikapi hal tersebut, Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual, sehingga dapat menjadi sahabat terbaik bagi seluruh pelanggan setianya,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, akhir Mei.