Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Upaya WMS Menjaga Kualitas SDM
Tes Praktik Bagi Mekanik menggunakan sepeda motor tipe sport Honda Verza. Ist

Upaya WMS Menjaga Kualitas SDM

Jakarta, NextId – Diler utama Sepeda Motor Honda area DKI Jakarta dan Tangerang PT Wahana Makmur Sejati (WMS) atau Wahana Honda mengadakan The 23rd Honda Indonesia Technical Skill Contest 2016 Regional DKI Jakarta – Tangerang. Sebanyak 355 Service Advisor, 1.700 Mekanik dan 128 Mekanik Pre Delivery Inspection (PDI) mengikuti kontes ini. Kontes ini diadakan pada 23 – 26, 30 Mei lalu di Training Center Wahana Honda Jatake, Tangerang.

Kontes yang bertema “Satu Hati Wujudkan Prestasi” ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi kompetensi sumber daya manusia di jaringan diler Honda dan AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). “Kami memiliki komitmen untuk menjaga kualitas SDM agar layanan terhadap konsumen tetap maksimal,” tutur Taufiqurrahman, Head Of Technical Service Function WMS, Selasa (31/5).

Taufiqurrahman menambahkan kontes ini menjadi tolak ukur kompetensi mekanik, service advisor dan mekanik PDI dalam pekerjaannya setiap hari. Untuk itu salah satu syarat mengikuti kontes ini, peserta sudah mengikuti Technical Training Level 2. WMS sendiri saat ini memiliki 124 dealer dan 343 AHASS di wilayahnya.

Dalam kontes tahun ini, WMS menggunakan konsep blusukan dalam seleksi peserta. “Jumlah peserta ribuan, untuk melakukan seleksi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat,” jelas Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development WMS.

Dalam seleksi blusukan ini tim Technical Training WMS mendatangi jaringan diler dan AHASS sejak Desember 2015 hingga Mei 2016. Dengan konsep seleksi ini Mekanik, Service Advisor dan Mekanik PDI akan terlihat kemampuannya dalam bekerja langsung melayani konsumen.

Venus menambahkan dengan konsep ini kesiapan mereka dalam menangani sepeda motor dan konsumen terlihat dengan objektif. Materi yang diuji dalam kontes ini meliputi teori, praktik meja dan trouble shooting motor matik dan sport.

Proses seleksi dilakukan di 7 wilayah yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Kodya Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Dari 7 wilayah tersebut terpilih 140 Mekanik, 70 Service Advisor dan 70 Mekanik PDI yang berhak masuk ke babak final.

Pemenang Kategori Mekanik AHASS.  Ist
Pemenang Kategori Mekanik AHASS. Ist

Pemenang kontes mendapatkan sejumlah hadiah yaitu uang jutaan rupiah, medali, plakat dan piagam. Juara 1 akan menjadi perwakilan regional DKI Jakarta dan Tangerang dalam kontes tingkat nasional yang akan diadakan pada Agustus. WMS sendiri telah menyelenggarakan kontes ini sebanyak 23 kali atau sudah sejak tahun 1993.

“Ini bukti bahwa kami tidak main-main menjaga kualitas SDM,” tegas Taufiqurrahman. Bahkan khusus mekanik PDI tahun ini merupakan pertama kali diadakan di Indonesia. Mekanik merupakan mekanik khusus di diler yang bertugas melakukan pengecekan sepeda motor Honda secara menyeluruh  sebelum didistribusikan kepada konsumen.

Daftar Pemenang

Kategori Mekanik PDI

  1. Rohmat Nasir                  Dealer Wahanartha Ritelindo Ciputat
  2. Iwan Purnama                 Dealer Nusantara Surya Sakti
  3. Setiansyah Azminullah    Dealer Tunas Dwipa Matra

Kategori Service Advisor

  1. Fadzar Supriadi                 AHASS Tunas Dwipa Matra
  2. Arif Tri Hartanto                 AHASS Maju Gemilang Makmur
  3. Teguh Purwono                 AHASS Mitra Makmur Penuh Harapan

Kategori Mekanik

  1. Waluyo                               AHASS Cengkareng Motor
  2. Gerry Panaluhan                AHASS Tunas Dwipa Matra
  3. M Robiansyah                    AHASS Bintang Jaya

 

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply