Home / Auto / Toyota Buka Selubung Sienta
Toyota Sienta resmi menyapa pasar otomotif tanah air. Diperkenalkan di ajang IIMS 2016. Ist

Toyota Buka Selubung Sienta

Jakarta, NextID – Mengambil tema “Unlock Your Playground” dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menampilkan berbagai produk, teknologi, dan servis yang mewakili semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Sepanjang pelaksanaan IIMS 2016 (7—17 April 2016), TAM menampilkan 16 unit produk displai yang berhasil menjadi pilihan terbaik di berbagai segmen otomotif nasional pada area booth seluas 1.475 m2. Antara lain Toyota Avanza, Kijang Innova, NAV1, Fortuner, Rush TRD Ultimo, Alphard Hybrid, Toyota 86, dan HiAce. Hadir juga product dress-up dari Toyota Yaris, Hilux, AGYA, maupun Veloz.

Yang paling istimewa, Toyota menampilkan secara perdana satu produk terbaru yaitu Toyota Sienta, sebuah multi activity vehicle yang didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis.

“Kami sengaja memilih tema Unlock Your Playground sebagai representasi semangat Let’s Go Beyond dalam berbagai produk dan teknologi  yang lebih fun and exciting,” kata Hiroyuki Fukui, President Director TAM, saat acara pembukaan booth Toyota di IIMS 2016, Kamis (7/4).

Sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond, ajang IIMS 2016 menjadi kesempatan Toyota untuk semakin mendekatkan diri kepada pelanggan setia. Melalui ajang ini, pelanggan diharapkan dapat merasakan tingkat kepuasan yang melebihi ekspektasi mereka terhadap produk, teknologi, dan layanan yang dihadirkan Toyota selama ini.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota berharap penyelenggaraan pameran seperti IIMS ini berjalan sukses dan berjalan berkesinambungan di tahun-tahun mendatang. “Ajang ini tidak hanya sebagai wadah untuk mendekatkan diri bagi pelaku industri otomotif kepada pelanggan, tetapi juga tentu memberikan dampak positif bagi pengembangan industri dan pasar otomotif di masa depan,” ucap Henry.

Toyota Sienta Debut di IIMS

Sebagai representasi dari semangat Beyond Product, pada IIMS 2016 ini Toyota menampilkan secara perdana satu produk baru yaitu Toyota Sienta. Produk Multi Activity Vehicle (MAV) ini hadir dan didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis. Selain itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi seperti power sliding door, dive-in seat, serta transmisi CVT.

“Sienta hadir untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia atas sebuah kendaraan Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia. Diperkenalkan pertama kali di Jepang, kini Sienta akan diproduksi di Karawang dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi. Yang lebih membanggakan, Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang, yang memproduksi Toyota Sienta,” timpal Henry Tanoto, Vice President Director TAM, Kamis (7/4).

Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pasar di tanah air. Meski memiliki kapasitas 7 penumpang,  kendaraan ini memiliki gaya yang berbeda dari MPV pada umumnya.

Sienta  juga menawarkan life style yang unik serta teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan market di Indonesia yang semakin berkembang.  Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

“Sienta adalah yang terbaik di kelasnya dalam hal  noise, vibration, ride comfort, handling stability, dan brake performance untuk di kelasnya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi CVT 7 speed transmission yang juga pertama di kelasnya. Dilengkapi power sliding door dan dive-in seat, Sienta menawarkan desain yang stylish dan kenyamanan berkelas bagi penggunanya,” tuturnya.

Sienta yang hadir dalam 4 grade yaitu  E, G, V, dan Q akan menyandang mesin teknologi baru NR Engine yang juga merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa. NR Engine menggunakan bahan alloy  sebagai salah satu material utamanya, yang membuat mesin ini menjadi sangat ringan. Selain itu, NR Engine pada Toyota Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang canggih, membuat mesinnya memiliki kombinasi yang apik antara tenaga dan efisiensi, serta ramah lingkungan.

Engine Sienta diproduksi secara lokal di Indonesia di TMMIN Karawang Plant 3 yang baru diresmikan pada 7 Maret 2016. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik engine paling canggih milik Toyota di dunia.

Toyota Sienta dikembangkan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Beberapa spesifikasi pun disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. Salah satunya, ground clearance yang dibuat lebih tinggi menjadi 170 mm atau 25 mm lebih tinggi dari ground clearance Toyota Sienta di Jepang.

“Kami berterimakasih karena principal  telah memberikan kepercayaan kepada Toyota Indonesia untuk memproduksi dan mengembangkan pasar baru untuk MAV Sienta ini. Kehadiran Sienta diharapkan mampu menorehkan kinerja yang baik bagi Toyota, sekaligus memberikan angin segar bagi pengembangan industri dan pasar otomotif nasional,” ucap Henry.

Untuk mempertegas karakter All New Sienta sebagai kendaraan Multi Activity Vehicle, Toyota menggandeng dua sosok ambassador yang memiliki aktivitas padat namun tetap mengedepankan karakter stylish dan modern; yaitu Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan. Pasangan selebriti ini memiliki kesibukan masing-masing sebagai aktor dan aktris yang kemudian menjadi artis ternama di dunia perfilman Indonesia. Atiqah yang memulai debutnya di film Berbagi Suami (2006) juga dikenal memiliki kesibukan sebagai model iklan yang turut menjulangkan namanya.

Sama halnya dengan Atiqah, Rio pun terjun ke dunia film melalui film Pintu Terlarang (2009) yang mempertemukannya dengan Atiqah. Kesibukan Rio semakin padat seiring dengan kemampuan aktingnya yang meningkat. Bahkan pada tahun 2015, Rio telah membintangi 7 film. (tot)

 

 

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply