Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Pebalap Binaan AHM Unjuk Kompetensi
Dimas Ekky (no. 20) dibuntuti lawan-lawannya dalam ajang CEV International Championship 2016 yang digelar Minggu (17/4) di Valencia. Ist

Pebalap Binaan AHM Unjuk Kompetensi

Valencia, NextID-  Kiprah perdana dua pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Dimas Ekky Pratama dan Andi Gilang pada ajang CEV International Championship 2016 menunjukkan skill dan kompetensinya di antara pebalap manca negara kendati keduanya belum berhasil naik podium. Ajang balap bergengsi di benua Eropa ini menjadi tahap penjenjangan balap terpenting bagi pebalap Indonesia menuju MotoGP.

Dimas Ekky Pratama dan Andi Gilang yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) memulai balapan seri perdana CEV Championship pada kelas yang berbeda di sirkuit Valencia, Spanyol (17/4). Memacu motor di aspal sirkuit yang kerap dijadikan puncak penentuan juara MotoGP ini tidaklah mudah. Kondisi angin yang cukup kencang dan lintasan sirkuit yang sulit khas MotoGP menjadi tantangan tersendiri di tengah persaingan ketat dengan para pebalap terbaik dari berbagai negara lintas benua.

Dimas Ekky Pratama yang diterjunkan AHM dalam CEV International Championship kelas Moto2 European Championship 2016 menunjukkan kepiawaiannya bersaing dengan 31 pebalap dari negara-negara Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Pada sesi race-1, pebalap asal Depok ini berhasil mempertajam waktu dan posisi yang lebih baik dari hasil yang dicapai pada kualifikasi sehari sebelumnya. Memulai balapan dari posisi ke-10, Dimas Ekky langsung melesat ke posisi ke-5 pada lap ke-2 dengan catatan waktu 01:37,682, berada dalam 5 besar pebalap teratas bersama pebalap dari Brasil, Afrika Selatan, Perancis, dan Italia. Namun sayang Dimas Ekky tidak dapat menuntaskan balapan setelah mengalami insiden terjatuh saat menikung menjelang lap ke-3.

Pada race-2, Dimas Ekky Pratama kembali unjuk kompetensi balapnya. Meskipun harus memulai balapan dari pit atau posisi terakhir karena permasalahan pada motornya, pebalap muda binaan AHM ini tak pantang menyerah, terus memacu motornya melewat 14 pebalap lain di depannya. Dia pun finish di posisi ke-15 dengan catatan waktu 01:39,438.

“Saya berusaha berjuang untuk mempersembahkan prestasi terbaik saya kendati harus memulai balapan dari posisi yang kurang menguntungkan. Semangat ini menjadi bekal utama saya pada race-1 maupun race-2. Belajar dari pengalaman balap di seri perdana ini, saya optimis pada balapan berikutnya  dapat mencetak prestasi yang lebih baik lagi.”

Persaingan antar pebalap yang ketat juga tercermin di balapan CEV International Championship kelas Moto3 Junior World Championship 2016 yang baru pertama kali diikuti Andi Gilang, sapaan dari Andi Farid Izdihar. Pada balapan perdananya ini, Andi Gilang pun menunjukkan semangat juang tinggi. Memulai balapan dari posisi ke-19, pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan ini langsung melesat ke posisi ke-10 pada lap pertama. Namun pebalap muda ini harus mengakhiri balapan dikarenakan terjatuh setelahhigh side di tikungan ke-4.

GM Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan balapan seri perdana CEV International Championship ini merupakan titik awal penempaan kompetisi balap dengan aura balap layaknya MotoGP bagi para pebalap Indonesia binaan AHM. Dimas Ekky Pratama dan Andi Gilang yang memulai debut balapannya di lintasan sirkuit Eropa diharapkan dapat banyak menimba ilmu di tengah tantangan kultur balap baru dan kompetisi ketat antar pebalap yang tercipta sepanjang seri balapan ini.

“Fokus utama kami pada seri perdana CEV International Championship di Valencia ini bukanlah meraih kemenangan. Kami ingin pebalap kami dapat menyerap sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman terbaik dari para pelatih profesional maupun pebalap lain dari berbagai negara. Setahap demi setahap pembinaan balap ini diharapkan dapat semakin mematangkan kompetensi balap pebalap Indonesia untuk bekal mereka menuju ajang balap tertinggi MotoGP,” ujarnya, Senin (18/4).

Andi Gilang dengan nomor 34 unjuk gigi dalam CEV International Championship 2016.  Ist
Andi Gilang dengan nomor 34 unjuk gigi dalam CEV International Championship 2016. Ist

Setelah menjalani seri perdana CEV International Championship kelas Moto2 European Championship di Valencia, Spanyol, Dimas Ekky Pratama bersiap mengikuti 6 seri berikutnya di berbagai sirkuit balap Eropa, yaitu MotorLand Aragon, Portugal (29/5), Barcelona-Catalunya, Spanyol (12/6), Albacete, Spanyol (3/7), Algarve, Portugal (28/8), Jerez, Spanyol (2/10) dan Valencia, Spanyol (20/11).

Sementara itu, Andi Gilang akan melanjutkan debut balapannya di CEV International Championship kelas Moto3 Junior World Championship 2016 pada 7 seri berikutnya di berbagai sirkuit balap Eropa, yaitu LeMans, Perancis (7/5), MotorLand Aragon, Portugal (29/5), Barcelona-Catalunya, Spanyol (12/6), Albacete, Spanyol (3/7), Algarve, Portugal (28/8), Jerez, Spanyol (2/10) dan Valencia, Spanyol (20/11).

“Kami akan berusaha mempersembahkan prestasi balap yang lebih membanggakan untuk bangsa Indonesia,” ujar Gilang.

About Gatot Irawan

Check Also

GESITS Diekspor ke Senegal

Bogor, NextID – PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ke …

Leave a Reply