Home / Auto / Inilah Rahasia Desain yang Revolusioner
Tampak bagian belakang All New Honda Civic yang sporty. (NextID/Gatot Irawan)

Inilah Rahasia Desain yang Revolusioner

Jakarta, NextID – Inilah “rahasia” desain All New Honda Civic yang dianggap revolusioner. Tak heran jika kehadirannya sontak mengundang decak kagum. Ada lima pilar desain yang mendominasin desain sedan itu.  Honda mengistilahkan: Dominant in Look; Dominant in Interior; Dominant in Technology; Dominant in Performance; dan Dominant in Safety.

Dominant in Look

Eksterior All New Honda Civic dikembangkan dengan konsep “Revolutionary Silhouette Advanced Neo Sedan” yang terlihat dari tampilan desainnya yang sporty, revolusioner dan advanced di setiap bagiannya. All New Honda Civic menampilkan Full LED Headlight yang dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL) pada bagian depan, yang terintegrasi dengan grille yang mewah dan sporty. Kesan sporty dan pada bagian depan sekaligus keamanan saat berkendara juga didukung oleh penambahan fog lamp dan side position lamp.

Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty, sementara LED Light Bars menambah keamanan untuk memberikan sinyal kepada mobil lain saat melakukan pengereman. Dual Exhaust Pipe Finisher mempertegas kesan sporty sekaligus meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal. Sementara, Velg 17-inchi menggunakan desain racing dan material yang ringan untuk meningkatkan performa berkendara.

Dominant in Interior

All New Honda Civic mengusung konsep interior “Daring ACE Design” yang memadukan kualitas material kelas atas, konsol tengah yang ‘fun-to-use,’ serta posisi berkendara nyaman sekaligus sporty.   Jok All New Honda Civic menggunakan Full Leather Seat, begitu juga Steering & Shift Knob.  Di balik roda kemudinya, Meter Cluster with Multi Information Display memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif.

Pengaturan posisi mengemudi semakin mudah dengan sistem Tilt & Telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster. Auto A/C dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya hembusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Pendinginan di dalam kabin semakin merata dengan penambahan rear A/C ventilation. Untuk menambah fungsionalistas, ruang kargo yang lapang di bagasi juga tersedia untuk menampung berbagai barang.

Dominant in Technology

All New Honda Civic mengusung berbagai teknologi canggih yang diterapkan untuk memudahkan pengemudi dan menambah kenyamanan di dalam kabin. Di konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan layar sentuh 7 inchi yang telah dibekali OS Android berteknologi Wireless Mirror Linked untuk Smartphone, serta dapat terkoneksi dengan WiFi. Sistem Audio Video ini kompatibel dengan berbagai format media audio maupun video, dan dilengkapi dengan USB Port serta HDMI. Penambahan Tweeter Speaker menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih. Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi. Fitur ini juga berfungsi sebagai Hands-Free Telephone yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur canggih lain yang disematkan pada All New Civic meliputi Remote Engine Start, yang berfungsi memudahkan untuk membuka dan mengunci pintu hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis sehingga kabin telah sejuk saat pengemudi memasuki kendaraan. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu. One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Sementara, fitur Cruise Control untuk menjaga kecepatan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, All New Civic juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera.

Dominant in Performance

All New Honda Civic menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams. Mesin ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700 – 5500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS).

Sementara Efisiensi bahan bakar All New Civic didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO Assist membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

Mesin ini menghasilkan kinerja yang lebih efisien menghasilkan performa yang bertenaga, efisiensi bahan bakar, sekaligus tingkat emisi bersih yang sudah memenuhi standar EURO 4.

Dominant in Safety

Semua varian All New Honda Civic juga menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat hadirnya berbagai fitur-fitur keselamatan pasif dan aktif. Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan. Sementara ACETM memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Bodi All New Civic juga dirancang dengan Pedestrian Protection yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

Ketika terjadi tabrakan keras, Prestensioner Seatbelt akan mengencang sehingga tubuh tetap berada pada posisinya dan mencegah gerakan dada ke depan. Sedangkan Load Limiter berfungsi mengurangi tekanan yang berlebih dan mencegah cedera pada bagian dada sekaligus memastikan posisi tubuh tepat pada airbag yang mengembang. All New Civic juga dilengkapi 6 buah airbag untuk mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang.  Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan All New Civic juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam mengaktifkan rem parkir cukup dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus-menerus.

Selain itu, All New Civic juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal. (tot)

 

About Gatot Irawan

Check Also

Dealer Baru 3S Fuso di Tulang Bawang, Lampung

Lampung, NextID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso …

Leave a Reply