Saturday , 18 September 2021
Home / Auto / AHM Gelar Konvensi Inovasi Lingkungan Hidup‎ antar SMA
Deputy Head of Corporate Communcation AHM mendengarkan penjelasan salah satu siswa binaan AHM peserta kompetisi Konvensi Inovasi Sahabat Satu Hati di AHM Plant Cikarang (25/4). Kompetisi tersebut merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menumbuhkan semangat berkreasi dan peduli lingkungan di kalangan remaja. Ist

AHM Gelar Konvensi Inovasi Lingkungan Hidup‎ antar SMA

Cikarang, NextID – Dalam rangka memperingati Pekan Bumi, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan “Konvensi Inovasi Sahabat Satu Hati” dengan tema lingkungan hidup yang diikuti oleh siswa SMA binaan AHM. Kompetisi ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menumbuhkan semangat berkreasi dan peduli lingkungan di kalangan remaja.

Kompetisi karya ilmiah remaja di bidang lingkungan ini diawali dengan seleksi yang dilakukan oleh 8 SMA binaan AHM. Sebanyak 12 karya ilmiah terbaik diikutsertakan dalam puncak acara kompetisi yang diikuti oleh 70 siswa Sekolah Satu Hati yang berlangsung di AHM Plant Cikarang ini pada Senin, (25/4).

Adapun karya ilmiah 12 siswa terbaik Sekolah Satu Hati adalah Tong Sampah Meja Ulangan, Pemanfaatan Kulit Limbah Kerang dan Urine sebagai Stimulator Pupuk Za dan Netralisator Asam Tanah, Bricket Bola Api, Nugget Ikan Sembilang Meredakan Rasa Nyeri Haid, Pemanfaatan Kulit Jeruk sebagai Pasta Gigi, Pemanfaatan Kulit Jeruk sebagai Baterai, Proses Pengolahan Sampah Organik Menghasilkan Tinta, Penggunaan Tempat Sampah sebagai Media Berpendapat.

Selain itu, karya ilmiah lainnya mengambil tema Mengubah Persepsi Siswa atas Tempat Sampah Kotor dan Bertumpuk melalui Tempat Sampah Anti Kotor sebagai Langkah Pengelolaan Sampah Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020, Modifikasi Taplak Gunung sebagai Media Pendekatan atas Pengenalan Lingkungan bagi Anak Usia Dini, Prototipe Sistem Daur Ulang Air dengan Filtrasi Air Sederhana dan Justifikasi untuk Ketahanan Air Bangsa, serta tema The Plastic Waste into Fuel.

Karya tulis para siswa diuji kembali oleh dewan juri dengan memperhatikan kriteria seperti gagasan yg inspiratif, sistematika dan analisa penulisan dan manfaat karya tulis terhadap ekonomi, ekologi, dan sosial. Siswa terbaik dalam lomba karya tulis ini berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 1,5 juta serta medali juara I.

Salah satu peserta serius menjelaskan hasil peneitiannya di hadapan para juri. Ist
Salah satu peserta serius menjelaskan hasil peneitiannya di hadapan para juri. Ist

AHM juga mengapresiasi siswa terbaik kedua dengan hadiah uang tunai Rp 1,25 juta serta medali juara II. Sementara siswa terbaik ketiga berhak mendapatkan uang tunai Rp 1 juta serta medali juara III.

Adapun 8 Sekolah Satu Hati yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah SMA Negeri 18 Jakarta, SMA Negeri 40 Jakarta, SMA Negeri 41 Jakarta, SMA Negeri 72 Jakarta, SMA Negeri 75 Jakarta, SMA Negeri 80 Jakarta, SMA Negeri 115 Jakarta, dan SMP Hang Tuah 3 Jakarta yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai peserta eksibisi.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda merupakan tulang punggung dan harapan bagi masa depan bumi dan masalah pelestarian lingkungan. Karena itu, kreatifitas dan kepedulian di bidang lingkungan perlu dikembangkan sejak awal.

“Komitmen dan kepedulian terhadap bumi dan lingkungan harus dibangun sejak dari dalam pikiran. Kami ingin menfasilitasi dan mengapresiasi anak muda yang mampu mencurahkan perhatiannya lewat karya ilmiah di bidang lingkungan,” jelasnya, Senin (25/4).

Program Adiwiyata

Karya tulis dalam Konvensi Inovasi Sahabat Satu Hati ini, menurut Ahmad Muhibbuddin, diharapkan akan memperkuat pelaksanaan program sekolah Adiwiyata yang juga sedang diimplementasikan di setiap sekolah. Kreatifitas dan inovasi para siswa dapat semakin terasah dan secara jangka panjang dapat diaplikasikan sebagai bentuk keunikan dan kekhasan sekolah dalam kegiatan lingkungan hidup yang menjadi keunggulan dalam program Adiwiyata yang sudah dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup.

“Sejak 2014, kami telah melakukan pembinaan dan pendampingan tentang lingkungan hidup kepada sekolah-sekolah tersebut dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan peduli lingkungan, seperti pembuatan pupuk kompos padat dan cair, tempat sampah pilah, media tanam hidroponik, tempat cuci tangan, pembenahan tanam sekolah, dan penanaman beraneka ragam tanaman obat keluarga,” imbuhnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Hah, Suzuki Jimny A/T Kena Recall?

Jakarta, NextID – Tanggung jawab PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap konsumen adalah komitmen yang …

Leave a Reply