Thursday , 23 September 2021
Home / LifeStyle / Pameran Mebel Terbesar ASEAN Resmi Dibuka
Wakil Presiden Jusuf Kalla ditemani Ketua Umum AMKRI Rudi Halim (kiri) dan Menteri Perindustrian Saleh Husin secara resmi membuka IFEX 2016 di JIXPO Kemayoran.

Pameran Mebel Terbesar ASEAN Resmi Dibuka

Jakarta, NextID – Perhelatan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2016 yang merupakan pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (12/3).

IFEX merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) bekerjasama dengan PT. Dyandra Promosindo, serta didukung oleh empat Kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Pameran ini akan berlangsung selama empat hari mulai 11 – 14 Maret 2016 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta.

Seluruh pelaku utama indutri mebel dan kerajinan Indonesia hadir di pameran ini. Dengan mengambil lahan seluas 60.000 m², pameran ini diikuti sebanyak 429 peserta dengan 28 peserta asing dari 9 negara. IFEX menempati seluruh hall yang ada di area JIEXPO, termasuk hall yang baru pertama kali digunakan untuk IFEX tahun ini yaitu Hall B3 dan C3.

IFEX 2016 menargetkan pengunjung sebanyak 10 ribu orang, dengan target transaksi on the spot US$350 juta dan transaksi follow up senilai US$1 miliar. Sebagai catatan, tahun lalu pameran ini berhasil dikunjungi 8.595 orang dengan transaksi on the spot US$270 juta dan transaksi follow up senilai US$700 juta.

IFEX merupakan salah satu program unggulan AMKRI yang bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia internasional mengenai perkembangan produk mebel dan kerajinan di Indonesia. Melalui pameran ini, para peserta dipertemukan dengan ribuan buyer, distributor, serta agen dari berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika Serikat.

Wakil Presiden M. Jusuf Kalla memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap pameran ini. “Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran ini. Sektor ini menyerap banyak tenaga kerja dan memberikan banyak devisa kepada negara,” ungkap Wakil Presiden M. Jusuf Kalla. Ia juga berharap pada pameran kali ini akan ada peserta yang hadir dengan produk yang mampu mengubah industri.

Industri furnitur memiliki peran penting bagi perkembangan ekonomi nasional mengingat nilai transaksi perdagangan sektor ini cukup besar. Pemerintah mendorong semakin tumbuhnya industri mebel dan kerajinan dalam negeri. Untuk itu, industri furnitur dan kerajinan nasional harus menggencarkan promosi dengan menggunakan berbagai alat promosi yang ada, termasuk promosi secara digital. Hal ini akan memudahkan para pelaku menyasar pasar global secara lebih efektif.

About Job Palar

Check Also

Soft Launching Cafe Dangdut New York!

Jakarta, NextID – Pada Jumat (3/9/2021) telah diresmikan soft launching Cafe Dangdut New York. Bertempat …

Leave a Reply