Home / Auto / Mereka yang Bersinar di Podium
Di Sirkuit Suzuka, Jepang, momen start balap adalah yang dinanti karena jika diawali dengan baik maka akan berakhir (kemenangan) positif. Ini balapan satu merek versi mobil mahal atau "One Make Race." Ist

Mereka yang Bersinar di Podium

Suzuka, NextID – Balapan kedua dari putaran pertama Ferrari Challenge Asia Pacific musim 2016 telah digelar di Sirkuit Suzuka pada Minggu (6/3), yang juga merupakan hari kedua penyelenggaraan “Ferrari Racing Days Suzuka 2016.” Terlepas dari langit berawan dan juga hujan yang turun pada malam sebelumnya, ribuan penggemar tetap antusias datang untuk menikmati kecepatan yang ditunjukkan selama sesi kualifikasi dan balapan final, seperti hari sebelumya.

Trofeo Pirelli

Persaingan ketat terjadi antara pembalap asal Indonesia, Renaldi Hutasoit yang mengawali lomba dari urutan start terdepan, dengan Florian Merckx dari Belgia. Kedua pembalap terlihat saling berkompetisi seolah-olah mereka berada di dunianya sendiri sejak awal.

Keduanya hanya mampu menyelesaikan 10 putaran sebelum safety car memasuki trek akibat sebuah insiden yang terjadi. Merckx berhasil memimpin balapan namun ia tetap mendapatkan tantangan dari Renaldi Hutasoit, sebelum safety car dikerahkan. Tetapi, dikarenakan Merckx melewati batas hitam ketika bendera kuning tengah dikibarkan, ia pun mendapat penalti dan harus turun ke posisi ketiga dari pertama. Steve Wyatt dari Australia pun berhasil merebut posisi kedua dengan catatan waktu 22’04.967.

Sebelum melakukan pertarungan di sirkuit, seluruh peserta dan tim berfoto bersama. Ist
Sebelum melakukan pertarungan di sirkuit, seluruh peserta dan tim berfoto bersama. Ist

Menanggapi kemenangannya, Renaldi Hutasoit berkomentar , dia menyukai trek Suzuka karena layout yang terdiri dari beberapa tanjakan dan tikungan, di mana hal tersebut sangat menantang. “Tetapi saya percaya, kemenangan saya ini dikarenakan sirkuit dengan desain seperti ini sangat sesuai dengan gaya mengemudi saya,” ujarnya.

“Saya juga mengubah strategi saya berdasarkan pengalaman dari balapan di hari sebelumnya dan terus berusaha untuk menjaga kondisi ban selama berhadapan dengan Merckx. Saya berharap masih memiliki 2 putaran lagi karena saya siap tampil lebih agresif dalam balapan. Saya sangat beruntung bisa menyelesaikan balapan ini di posisi pertama,” imbuhnya.

Pirelli AM

Pembalap pendatang baru asal Amerika Serikat, James Weiland, berhasil meraih kemenangan keduanya secara berturut-turut dengan kembali memuncaki podium teratas. Weiland mengawali balapan di posisi pertama di kelasnya dan memimpin selama balapan hingga usai. Ia pun berhasil mencatatkan waktu 23’44.978.

Inilah mereka yang naik podium di ajang Ferrari Challenge Asia Pacific 2016. Ist
Inilah mereka yang naik podium di ajang Ferrari Challenge Asia Pacific 2016. Ist

Weiland mengatakan  sangat terkejut dengan kemenangan keduanya, namun di saat yang sama, ia juga merasa sangat bahagia dengan hasil yang diraihnya itu. Sebagai pembalap, mengunjugi Jepang selalu menjadi pengalaman yang luar biasa baginya. Ia merasa orang-orang yang ditemuinya saat balapan bersikap sangat baik dan balapan yang ia rasakan pun luar biasa.

Sementara itu, pembalap asal Kanada, Eric Cheung, kembali berhasil menyelesaikan balapan di posisi kedua kelas Trofeo Pirelli AM.  Xin Jin asal Cina merebut posisi ketiga dengan catatan waktu 23’50.797.

Coppa Shell

Liang Wang asal Cina menuai sukses untuk kedua kalinya di kelas Coppa Shell. Berkat gaya mengemudinya yang berani, ia berhasil mempertahankan posisi terdepan sepanjang balapan, dengan pembalap Makoto Fujiwara yang berasal dari Jepang terus membuntuti dengan ketat di belakangnya. Akhirnya, Fujiwara pun harus rela berada di posisi kedua dengan catatan waktu 24’00.233, disusul seorang pembalap baru, Grant Baker asal Selandia Baru, di posisi ketiga.

Putaran selanjutnya dari Asia Pacific Ferrari Challenge Trofeo Pirelli 2016 akan dilangsungkan di Abu Dhabi pada 14 – 16 April 2016. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross Meluncur!

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan edisi spesial …

Leave a Reply