Meulaboh, NextID – Toyota semakin mendekatkan diri dengan pelanggan setia di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam melalui peresmian outlet (gerai) Dunia Barusa Meulaboh, yang memberikan layanan penjualan dan purna jual kendaraan Toyota.
Gerai Dunia Barusa Meulaboh merupakan outlet pertama Toyota di wilayah Aceh Barat. Dengan adanya outlet ini, Toyota mempunyai 3 outlet resmi di provinsi tersebut, di mana dua outlet sebelumnya adalah Dunia Barusa Lhokseumawe yang berdiri sejak 1984, dan Dunia Barusa Banda Aceh yang hadir sejak 2008.
Dunia Barusa Meulaboh merupakan grand opening ke-6 yang dilakukan PT Toyota Astra Motor sepanjang tahun ini. Sebelumnya, sudah dilaksanakan grand opening outlet Auto2000 Ahmad Yani Banjarmasin, Auto2000 Jatiwangi Majalengka, Agung Toyota Teluk Kuantan, Agung Toyota Dumai, dan Auto2000 Supadio Pontianak.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan tantangan di tahun 2016 di industri otomotif nasional diperkirakan tidak jauh berbeda dengan tahun 2015, di mana kompetisi semakin ketat dan ekspektasi konsumen terhadap produk, teknologi, dan layanan, semakin meningkat.
“Untuk itu, menjadi perhatian khusus bagi Toyota untuk selalu berkomitmen memberikan produk dan teknologi yang lebih baik, strategi pemasaran yang tepat, serta memperluas jaringan outlet resmi. Hal itu sejalan dengan semangat dari tagline Toyota Let’s Go Beyond yang didasari oleh pilar Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service,” ujar Henry, saat grand opening Outlet Dunia Barusa Meulaboh, Jumat (11/3).
Henry mengatakan, Toyota menyadari betul, target mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar kendaraan nasional juga harus diiringi dengan peningkatan layanan penjualan dan purna jualnya. Sehingga, Toyota akan terus melanjutkan pengembangan jaringan, melalui pembukaan sejumlah outlet resmi yang tersebar di seluruh wilayah di Tanah Air.
“Melalui pembukaan gerai Dunia Barusa Meulaboh, diharapkan dapat senantiasa melakukan aktivitas Kaizen atau perbaikan secara berkesinambungan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal penjualan maupun purna jual kendaraan Toyota bagi pelanggan di Kota Meulaboh dan sekitarnya,” harapnya.
Pembukaan outlet Dunia Barusa Meulaboh, menurut Henry, merupakan upaya Toyota dalam menangkap potensi pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh. Memasuki tahun 2016, perekonomian di Aceh perlahan meningkat dengan membaiknya sektor pertanian, kehutanan, perikanan, serta didukung pembangunan infrastruktur Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga ke Aceh yang ditargetkan rampung pada 2019.
Dunia Barusa Meulaboh merupakan outlet ke-287 secara nasional yang dimiliki Toyota yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Hadirnya outlet resmi ini semakin mengukuhkan komitmen Toyota untuk mendekatkan diri dengan pelanggan setia dan siap memberikan layanan prima.
“Selain itu, kehadiran outlet ini diharapkan dapat memberikan andil positif bagi pengembangan dan pertumbuhan aktivitas roda perekonomian di Aceh Barat melalui transaksi ekonomi, penyerapan tenaga kerja, mau pendapatan pajak daerah,” imbuh Henry.
Mengakhiri tahun 2015, Toyota berhasil mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar 31,8%. Khusus di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Toyota mencatatkan total penjualan 3.130 unit dengan market shares sebesar 35,7%. (tot)