Thursday , 24 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Didukung Pertamina, Rio Siap Jalani Debut Formula One
Rio Haryanto saat mencoba mobil Manor Racing MRT05 saat sesi Formula One Testing, hari ketiga di Barcelona, Spanyol. (Pertamina)

Didukung Pertamina, Rio Siap Jalani Debut Formula One

Jakarta, NextID – Rio Haryanto siap menjalani debutnya sebagai pebalap Formula One di di Sirkuit Albert Park, Melbourne pada Jumat-Minggu (18-20 Maret). Kesiapan Rio ini pun didukung oleh PT Pertamina (Persero) sebagai sponsor utama bagi Rio Haryanto.

Rio Haryanto akan memulai sejarah bagi bangsa Indonesia sebagai satu-satunya wakil dari Asia yang akan berlaga di Formula One tahun ini. Nama Indonesia akan berkibar di Formula One tahun ini yang akan digelar di 21 negara dan diperkirakan akan ditonton oleh ratusan juta pasang mata setiap balapan berlangsung.

“Suatu kebanggaan bagi Pertamina dapat mendukung Rio Haryanto di ajang F1, yang merupakan kompetisi paling prestisius untuk olahraga otomotif dunia. Misi Pertamina dan Rio bukan sekadar ikut berkompetisi, tetapi membawa nama Indonesia di kancah dunia melalui F1,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro dalam konferensi pers yang dihadiri Rio Haryanto dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi di Jakarta, Senin (14/3).

Sebelumnya, Rio Haryanto diterima oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden pada hari yang sama. Wianda mengatakan dalam pertemuan tersebut Wakil Presiden menyampaikan terimakasih atas dukungan Pertamina untuk partisipasi Rio Haryanto dalam ajang F1.

“Beliau juga meminta ada BUMN lain dan juga badan usaha swasta yang ikut bergabung mendukung Rio Haryanto karena sekali lagi, Rio Haryanto membawa nama Indonesia sehingga wajar dan layak apabila masyarakat Indonesia bangga dan mendukung,” kata Wianda.

Pertamina telah menjadi sponsor utama Rio Haryanto sejak tahun 2010. Selain itu, Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia juga mendukung atlit bertalenta lainnya untuk mengharumkan nama Indonesia di perlombangan dan pertandingan olahraga bertaraf internasional lainnya.

Di tahun pertamanya membalap di Formula One, Rio Haryanto bergabung dengan Manor Racing di konstruktor yang bermarkas di Inggris tersebut diyakini akan mengalami perkembangan pesat karena memakai mesin Mercedes yang merupakan mesin terbaik di lintasan dan juga girboks dari Williams Advanced Engineering.

Dari sisi personil tim, Manor kini diperkuat oleh orang-orang berpengalaman seperti Dave Ryan (Racing Director), John McQuilliam (Technical Director), Nikolas Tombazis (Chief Aerodynamicist), serta Pat Fry (Engineering Consultant). Kombinasi pengalaman mereka berasal tim-tim papan atas seperti Ferrari, McLaren, Williams, dan Benetton.

Sementara itu, Rio mengaku siap menjalani debutnya. Optimisme Rio berdasarkan pada hasil tes pra musim di Catalunya, Spanyol selama dua pekan yang menurutnya memberikan hasil positif.

“Hasil tes pra musim sangat bagus, setiap harinya kami banyak lakukan improvement,” kata Rio saat konferensi pers.

Selain hasil tes, rasa percaya diri pebalap F1 pertama dari Indonesia itu juga karena kondisi di tim Manor Racing sudah banyak berubah bila dibandigkan dengan tahun lalu. “Tahun ini kita punya mobil baru, tim baru, kru juga banyak yang baru, di antaranya bahkan ada yang dari teknisi di McLaren dan Ferrari,” kata Rio.

About Job Palar

Check Also

FKG Universitas Moestopo Lantik 93 Dokter Gigi Baru

Jakarta, NextID – Upacara Angkat Sumpah Dokter Gigi Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. …

Leave a Reply