Monday , 27 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Fitness / Rajin Jalan Kaki Bisa Cegah Kanker
Ilustrasi perempuan sedang jalan kaki

Rajin Jalan Kaki Bisa Cegah Kanker

Jakarta, NextID – Selain gizi seimbang, olah raga adalah salah satu kunci kesehatan tubuh dan mencegah datangnya penyakit. Menurut penelitian terbaru, aktivitas jalan kaki terbukti dapat mencegah penyakit kanker. Penelitian American Cancer Society (ACS)  mengungkapkan wanita lanjut usia yang rajin berjalan kaki memiliki risiko kecil terserang kanker payudara. Peluang mereka terkena kanker lebih kecil dibanding teman seumuran yang jarang berolahraga.

Penelitian itu melibatkan wanita pasca menopause yang berusia di antara 50 dan 74 tahun dalam risetnya. Wanita pasca menopause yang rutin berjalan kaki minimal 1 jam sehari memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara, dibanding mereka yang jarang berjalan kaki. Makin rutin berjalan kaki, maka risiko kanker semakin rendah. “Tidak perlu menjadi pelari maraton untuk mengurangi risiko kanker payudara. Hanya jalan kaki selama sejam sehari,” kata Alpa Petel, salah seorang peneliti. Riset yang dimulai pada 1992 menanyakan tentang kesehatan, pengobatan, dan pola latihan fisik wanita.

Wanita yang berjalan kaki dengan kecepatan sedang atau 7 jam dalam seminggu berisiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Risiko itu lebih kecil dibanding wanita yang hanya berjalan 3 jam atau lebih sedikit dalam seminggu. Jalan kaki dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang mengalami kegemukan atau menjalani terapi hormon. “Temuan itu memotivasi wanita untuk segera mulai latihan, tanpa merasa terlalu letih atau berlebihan,” kata Petel.

U.S. Centers for Disease Control and Prevention juga menyarankan berolah raga untuk lansia dan dewasa. Orang dewasa disarankan berolahraga selama 2,5 jam dengan level sedang setiap minggunya. Anda juga dapat berolahraga sedikitnya 1 jam 15 menit dengan latihan fisik berat setiap minggunya. Sayangnya, kurang dari 50 persen wanita di Amerika yang mengikuti saran tersebut seperti dilansir www.foxnews.com.

Dr. Steven Chen dari City of Hope in Duarte, California menganjurkan wanita untuk berjalan kaki selama satu jam dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, anda dapat berjalan kaki selama 10 menit untuk pergi ke toko makanan, 10 menit untuk berbelanja, atau 10-15 menit untuk bekerja. “Makin banyak duduk, semakin besar risiko terkena kanker payudara sehingga kami mendorong masyarakat untuk berolahraga,” kata Chen.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply