Home / LifeStyle / Leisure / Corp / Pasar Ibuh Pasar Dampingan Danamon Peduli

Pasar Ibuh Pasar Dampingan Danamon Peduli

Jakarta, NextID – Yayasan Danamon Peduli melalui kampanye nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara menggelar Festival Pasar Rakyat sebagai wujud dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia. Danamon Peduli mengawali Festival Pasar Rakyat 2016, di Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh yang bermitra dengan Danamon Peduli dalam program revitalisasi pasar Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih dan Terawat) sejak 2010.

“Kami sangat menghargai kebijakan dari Pemerintah Kota Payakumbuh yang berpihak dengan keberadaan dan pengembangan pasar rakyat, salah satunya dengan mengendalikan pertumbuhan retail modern di kota Payakumbuh,” ungkap Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Sementara Direktur Perbankan Mikro Danamon, Satinder Pal Singh Ahluwalia, menjelaskan fungsi pasar di dalam perekonomian mendorong Danamon Simpan Pinjam menempatkan para pedagang pasar sebagai mitra usaha strategis.

“Dengan pengalaman 12 tahun bermitra bersama para pedagang pasar, kami sadar bahwa fungsi melalui Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyentuh para pedagang pasar sebagai nasabah, namun juga membantu mereka menjadi pengusaha mikro yang sukses ,” ajak Satinder.

Melalui Festival Pasar Rakyat, Danamon Peduli membuktikan bahwa pasar rakyat merupakan ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya serta lebih dari sekadar tempat transaksional semata. Festival Pasar Rakyat bagian dari Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli sebagai gerakan yang secara khusus mempromosikan pasar rakyat di Indonesia.

Mengawali tahun 2016, kegiatan Festival Pasar Rakyat diselenggarakan di Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat. Pasar Ibuh merupakan pasar rakyat terbesar di tanah air. Menampung lebih 1.500 pedagang dengan perputaran uang Rp 2,5 miliar setiap hari. Pentingnya peran Pasar Ibuh bagi masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya mendorong Danamon Peduli bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh memulai program revitalisasi pasar rakyat Pasar Sejahtera pada tahun 2010, menjadikan Pasar Ibuh sebagai salah satu pasar percontohan dan pasar dampingan Danamon Peduli hingga saat ini.

Hadir dalam Festival Pasar Rakyat di Pasar Ibuh, Yoherman, perwakilan Pemerintah Kota Payakumbuh; Satinder Pal Singh Ahluwalia, Direktur Perbankan Mikro Danamon; Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli; dan Hartono Teguh Wijaya, Regional Corporate Officer Danamon Wilayah Sumatera.

Kegiatan Festival Pasar Rakyat di Pasar Ibuh sebagai salah satu kegiatan utama dari Program Pasar Sejatera yang merupakan dukungan non fisik khususnya aspek promosi pasar. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kota Payakumbuh.

About Murizal Hamzah

Check Also

FKG Universitas Moestopo Lantik 93 Dokter Gigi Baru

Jakarta, NextID – Upacara Angkat Sumpah Dokter Gigi Baru Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. …

Leave a Reply