Tuesday , 27 September 2022
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Sauna Turunkan Kualitas Sperma
Ilustrasi sauna

Sauna Turunkan Kualitas Sperma

Jakarta, NextID – Banyak masyarakat yang melakukan pijat refleksi dan sauna untuk menghilangkan penat serta melancarkan sirkulasi darah pada akhir pekan. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan rutin bersauna dapat menurunkan kualitas sperma.

Sebuah studi terbaru menemukan suhu uap panas sauna mempengaruhi produksi sperma. Para peneliti melibatkan 10 pria Finlandia sehat yang berusia 30-an, memiliki jumlah sperma yang normal dan tidak pernah pergi ke sauna dalam satu tahun terakhir. Kemudian, para peserta wajib mengikuti program sauna selama tiga bulan atau 15 menit selama dua kali dalam seminggu.

Hasilnya, jumlah dan kepekatan sperma para peserta lebih rendah setelah mengikuti program sauna tersebut. Bahkan kualitas spermanya masih rendah setelah tiga bulan mengikuti program tersebut. Baru setelah enam bulan, produksi sperma mulai normal kembali. Para peneliti menyimpulkan suhu tinggi di dalam saunalah yang menggangu produksi sperma sehingga jumlah dan kepekatan sperma menurun. Skrotum para peserta pun suhunya meningkat sekitar 5 derajat Fahrenheit setiap selesai satu sesi sauna.

“Testis berfungsi untuk mendinginkan. Jika testis dipanaskan beberapa derajat maka produksi sperma akan terhambat,” kata Ahli Urologi dari University of Maryland Medical Center, dr. Andrew Kramer seperti dilansir Medical Daily.

Penjelasan itu juga menjawab mengapa jumlah sperma turun sementara waktu ketika pria menggunakan celana ketat, rutin berendam air panas, atau menaruh laptop pada pangkuannya dalam periode waktu yang lama.

About Adam Rizal

Check Also

Petualangan Manis ke Lembah Madu di Sukahati, Bogor

Jakarta, NextID – Perjalanan hidup adalah “petualangan” dengan berbagai kadar. Dan kali ini kami menyusuri …

Leave a Reply