Home / LifeStyle / Leisure / Health / Makanan Penurun Kolesterol Jahat
Ilustrasi perempuan makan bawang

Makanan Penurun Kolesterol Jahat

Jakarta, NextID – Kolesterol “jahat” atau low density lipoprotein (LDL) dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Bahkan, American Heart Association mengatakan kadar LDL memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan kadar kolesterol. Kadar LDL yang normal di bawah 100 miligram per desiliter. Untuk menjaga kadarnya tetap normal, maka seseorang perlu membatasi faktor risiko seperti menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Berikut, makanan-makanan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL secara cepat seperti dilansir LiveStrong, Senin (11/5) :

1. Makanan kaya serat

Makanan kaya serat merupakan alat paling efektif untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh karena serat dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya secara efektif  melalui sistem pencernaan sebelum kolesterol beredar di seluruh tubuh. Kacang-kacangan merupakan sumber serat yang kaya. Makanan kaya serat lainnya yaitu seperti oat dan biji-bijian utuh lainnya atau buah-buahan, seperti apel, jeruk, stroberi, dan anggur.

2. Kacang

Kacang dan minyak mengandung lemak yang dapat melawan penumpukan LDL. Studi itu membuktikan efek menurunkan kolesterol dalam kacang berhubungan dengan profil asam lemak. Mengonsumsi sekitar 28 gram kacang lima kali seminggu dapat berdampak pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida ketika dikonsumsi dua hingga tiga kali seminggu. Pilihan ikan berlemak yang baik adalah salmon, tuna, atau sarden. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu melindungi jantung.

4. Bawang putih

Bawang putih secara unik membantu melawan oksidasi kolesterol LDL. Sebuah studi menemukan, LDL yang teroksidasi dapat mempercepat disfungsi vaskular. Sedangkan, bawang putih dapat mencegah pengerasan arteri yang menyebabkan penumpukan plak karena peningkatan resistensi terhadap oksidasi LDL.

About Adam Rizal

Check Also

Dua Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Besarnya Penggunaan Air dan Polusi

Jakarta, NextID – – Hari Air Sedunia baru saja dirayakan dan “menutup keran air” telah …

Leave a Reply