Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok

Jakarta, Next.ID – Meskipun, sudah jelas-jelas ada peringatan bahwa rokok sangat merugikan kesehatan sebagaimana tertera dalam bungkus rokok, tetap saja kebiasaan yang satu ini sulit dihilangkan. Apalagi, saat ini perusahaan rokok wajib memberikan gambar menyeramkan pada bungkus rokok untuk menekan angka perokok di Indonesia. Namun, tetap saja, banyak orang yang sulit berhenti merokok bahkan ada beberapa orang yang merokok seenaknya di tempat umum.

Jika anda ingin berhenti merokok, anda harus memiliki motivasi yang besar dan kuat misal anda ingin melindungi keluarga dari bahaya perokok pasif atau ancaman kanker paru-paru. Data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan, ada sebanyak 50 persen remaja yang berusia 15-19 tahun dan masih duduk di bangku SMP/SMA sudah merokok. Umumnya, mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan baru itu dapat memicu penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit paru-paru, dan beberapa tipe kanker. Merokok juga bisa menyebabkan ratusan ribu hingga jutaan kematian setiap tahun di seluruh dunia karena memiliki banyak bahan kimia di dalamnya.

Berikut tips berhenti rokok yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Senin  :

1. Dukungan Penuh
Pertama, anda harus mendapatkan dukungan penuh dari istri, keluarga, teman-teman dan anak-anak. Nongkronglah dengan dengan teman-teman anda yang tidak merokok karena dapat menahan keinginan anda untuk merokok.

2. Pengelolahan stres
Salah satu alasan orang merokok untuk mengatasi stres. Rokok memiliki kandungan nikotin yang dapat membuat orang lebih rileks. Bila anda ingin berhenti merokok, anda harus mencari solusi lain untuk menghadapi stres. Cobalah, mendengarkan musik, melakukan terapi pemijatan atau mencari hobi baru yang menantang. Hindarilah situasi yang bisa menimbulkan anda stres dalam beberapa minggu pertama setelah anda berhenti merokok.

3. Hindari kopi
Rokok dan kopi seperti dua mata koin yang tidak bisa dipisahkan. Alkohol dan kopi adalah pemicu yang paling kuat untuk merokok. Cobalah, menggantikan kopi dengan teh hijau dan jus buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bila biasanya anda merokok setelah makan. Kini cobalah kegiatan lain, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen.

4. Berolahraga
Olahraga dapat menurunkan ketergantungan pada nikotin dan menghilangkan gejala-gejala kecanduan seperti rasa lemas dan pusing. Lakukanlah, olahraga yang bersifat ringan, seperti berjalan kaki, naik tangga, dan membersihkan rumah.

5. Perbanyak Sayuran dan Buah
Perbanyaklah memakan makanan rendah kalori seperti buah dan sayur. Menurut penelitian Duke University, rajin mengonsumsi sayur-sayuran dan makanan-makanan membuat kenikmatan merokok berkurang.

6. Berikan hadiah
Jangan pelit menghadiahi diri sendiri. Anda bisa mengumpulkan uang “jatah” rokok dan dibelikan barang idaman anda karena sudah tidak merokok. Hal itu akan menjadi sugesti supaya anda berhenti merokok.

7. Terapi Farmakologi
Zat nikotin dapat merangsang otak untuk terus merokok. Untuk mengatasinya, terapi farmakologi dengan obat non nikotin dapat menghentikan gejaka ketagihan (craving) pada nikotin.

8. Demi Diri Anda
Banyak keuntungan kesehatan dan ekonomi yang bisa anda raih dengan berhenti merokok. Ketika anda berhenti merokok, tekanan darah akan turun. Kadar oksigen dan karbon monoksida dalam darah kembali normal dan risiko terkena serangan jantung berkurang. Dalam jangka panjang, risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, dan kanker paru, juga ikut berkurang.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply