Thursday , 23 September 2021
Home / Auto / Kenali Ciri-ciri Mobil Korban Tabrakan
Walau rusak sedemikian rupa, teknisi mampu melaksanakan perbaikan sehingga nyaris mulus. Ist

Kenali Ciri-ciri Mobil Korban Tabrakan

Calon pembeli mobil bekas perlu ekstra hati-hati sebelum memutuskan membeli mobil. Jangan sampai terjebak akal-akalan penjual yang menggunakan berbagai cara untuk menutupi kekurangan mobil bekas yang dijualnya. Mobil korban tabrakan umumnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Meskipun sudah diperbaiki di bengkel, kadangkala masih terdapat bagian yang tidak bisa diperbaiki dan kembali seperti sedia kala.Bagaimana mengetahui, apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau bukan? Nah, berikut ini tips dari AstraWorld untuk mengenali ciri-ciri tersebut.

Periksa ruang mesin dan kap mesin. Mobil yang mengalami tabrakan di bagian depan akan meninggalkan bekas pada kap dan ruang mesin. Pengecekan di kedua bagian tersebut perlu dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat perbedaan warna, bekas pengecatan yang kurang rata, atau komponen yang tidak semestinya dicat tetapi terkena semprotan cat. Kalau menemukan salah satu tanda seperti di atas, kemungkinan telah dilakukan pengecatan pada kap atau ruang mesin mobil tersebut untuk menutupi bekas-bekas tabrakan.

Cek kaca depan dan lampu-lampu. Tabrakan dapat mengakibatkan lampu-lampu pecah. Pada tabrakan hebat bahkan dapat memecahkan kaca depan. Pemasangan kembali kaca depan pada dudukannya biasanya tidak bisa sama seperti kondisi awal. Pengecekan bagian kaca depan dilakukan dengan memperhatikan sisa-sisa perekat kaca yang kurang merata di pinggir kaca dan bekas pemasangan kaca pada sekeliling bodi di pinggiran kaca. Sementara lampu-lampu dicek bagian mika lampunya. Jika warna mika lebih terang dan terlihat lebih baru dibandingkan dengan usia mobil, kemungkinan lampu-lampu mobil tersebut pernah pecah akibat tabrakan dan telah diganti.

Perhatikan lekukan bodi dan cat. Berikan perhatian lebih pada kesimetrisan lekukan setiap sisi mobil. Bodi mobil yang pernah mengalami tabrakan dan sudah diperbaiki akan menyisakan ketidaksesuaian pada lekukan. Jarak antar sambungan bodi juga tidak rata. Untuk cat mobil, perhatikan apakah ada warna yang berbeda pada permukaan bodi mobil. Pengecatan ulang pada bodi mobil korban tabrakan akan mengakibatkan perbedaan warna dengan warna aslinya.

Semua pengecekan tersebut sebaiknya dilakukan siang hari dan cahaya mencukupi. Hindari melakukan pengecekan sore atau malam. Apabila mobil diparkir di garasi dengan penerangan yang kurang memadai, segera pindahkan ke posisi yang terang agar dapat melakukan pemeriksaan yang seksama pada semua bagian mobil. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Bus Hino RN 285 Tangguh di Trans Jawa?

Jakarta, NextID – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pemain utama dalam transportasi darat …

Leave a Reply