Home / Auto / Daihatsu Gelar “Workshop” Bagi Jurnalis Otomotif
Peserta workshop mempelajari basic automotive yang digelar PT Astra Daihatsu Motor, Selasa (26/1). Ist

Daihatsu Gelar “Workshop” Bagi Jurnalis Otomotif

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia kembali menyelenggarakan workshop bagi jurnalis otomotif. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, topik materi workshop kali ini adalah pengetahuan seputar basic automotive yang khusus ditujukan bagi jurnalis muda, yang digelar di Daihatsu Technical & Training Center, Jakarta pada Selasa (26/1).

Workshop ini terdiri dari beberapa sesi. Sesi pertama, berisi tentang gambaran terkini industri otomotif di Indonesia, yang dilengkapi dengan penjelasan mengenai kondisi pasar, brand performance, dan segmentasi mobil di Indonesia.

Sesi kedua, berupa penjelasan tentang tren regulasi otomotif dunia yang meliputi regulasi keselamatan berkendara dan regulasi lingkungan (Eco Policy).

Sesi ketiga, adalah penjelasan mengenai wawasan dasar (basic knowledge) otomotif,  terdiri dari penjelasan mengenai komponen-komponen dan fungsinya pada kendaraan, serta penjelasan mengenai pentingnya perawatan sebuah kendaraan.

Sesi Keempat, workshop ini akan memberi kesempatan kepada jurnalis-jurnalis muda untuk melakukan praktek kemampuan dasar otomotif.

Praktek yang dilakukan pada workshop ini, antara lain mengamati langsung bentuk, proses, dan fungsi komponen pada mobil, serta melakukan sendiri perawatan mobil (Do-it-yourself car maintenance!). Selain itu, para jurnalis muda juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek beberapa aktivitas penyelesaian masalah pada mobil, seperti penggantian ban dan battery jumper.

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai cara berkendara yang aman (safety driving), di akhir workshop ini para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan test drive dengan menggunakan beberapa unit mobil Daihatsu.

“Kami berharap, melalui kegiatan Basic Automotive Workshop for Junior Journalist ini, sahabat jurnalis muda memiliki bekal pemahaman yang kuat mengenai industri otomotif. Tidak hanya itu, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuan dasar otomotif dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk merawat kendaraan maupun untuk menghadapi kondisi darurat,” ujar Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM. (tot)

About Gatot Irawan

Check Also

Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross Meluncur!

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan edisi spesial …

Leave a Reply