Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Toyota Supra, Kembalinya Sang Legenda
Toyota Supra 2

Toyota Supra, Kembalinya Sang Legenda

Toyota Supra sudah menjadi ikonik di dunia sport dan pernah menjadi legenda balap pada 1990-an. Namun, Toyota menghentikan produksi Supra pada 2002 karena masalah emisi dan usia. Para pecinta mobil balap di seluruh dunia sudah tidak sabar menanti kehadiran Toyota Supra terbaru.

Akhirnya, rasa kerinduan mereka terobati dengan pengumuman kerjasama dua perusahaan otomotif dunia. Toyota menggandeng BMW untuk merancang dan memproduksi FT-1 Concept. Nantinya, model itu akan menjadi embrio mobil sport Toyota Supra di masa depan.

Toyota Supra akan menggunakan mesin penggerak semua roda, bukan mesin penggerak roda belakang seperti model sebelumnya. Model itu menggunakan mesin 2.000 cc, 4 silinder turbo yang dapat menyemburkan tenaga 354 hp. Toyota juga membenamkan teknologi hibrida dengan tiga motor listrik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Meski sarat teknologi, panel bodi dan sasis, model itu memiliki bobotnya tak lebih dari 1,4 ton.

Nantinya, Toyota Supra akan menjadi rival Nissan GTR yang melenggang sendirian tanpa rival sejak 2007, belum lagi mobil sport Honda NSX yang akan kembali lahir tahun depan. Mobil hasil kolaborasi Toyota dan BMW itu akan membuka selubungnya pada awal 2017. Model itu akan dibanderol USD48.555 atau setara dengan Rp551,8 juta untuk versi Toyota, sedangkan versi BMW akan meluncur pada waktu bersamaan dengan tambahan harga sekira USD6.935 sampai USD13.875.

Model baru Toyota itu akan mengisi kelas di atas GT86. Bos Pengembangan BMW, Herbert Diess, mengatakan, “Kami setuju berbagi satu arsitektur. Lebih penting lagi, akan ada dua mobil berbeda, otentik dengan setiap merek,” katanya dikutip dari Frankfurter Allgemeine Zeitung.

Tahun lalu, kedua produsen ternama itu bekerja sama mengembangkan baterai lithium-air dan teknologi kendaraan berbobot ringan. Sejak itulah, rencana melahirkan mobil sport generasi terbaru Toyota-BMW muncul. Toyota mendaftarkan nama “Supra” di kantor hak paten dan merek dagang Amerika Serikat.

Desain FT-1 diilhami oleh Celica dan Supra. Ditambah lagi, rencana Toyota mengembangkan mobil sport bersama BMW. FT-1 versi produksi akan menggunakan dua mesin, yaitu 4-silinder turbocharger dan versi hibrida, menggabungkan V6 2,5 liter denganmotor listrik, total menghasilkan tenaga 400 PS dan diposisikan berada di atas GT86.

About Adam Rizal

Check Also

GESITS Diekspor ke Senegal

Bogor, NextID – PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ke …

Leave a Reply