Home / Auto / Nissan GT-R Nismo, Super Cepat
Nissan GTR Nismo

Nissan GT-R Nismo, Super Cepat

Setiap pabrikan mobil memiliki mobil sport yang menjadi andalan dan nilai jual mereka, mengingat pembuatan mobil sport membutuhkan perencanaan yang matang dan teknologi nan mutakhir. Nissan GT-R adalah jawaban Nissan untuk mobil sport berperforma dan kecepatan tinggi. Model-model GT-R juga kerap menghiasi beberapa film action seperti sekuel “fast and furious”.

Pekan lalu, Nissan Motorsport meluncurkan Nissan GT-R Nismo dalam pameran otomotif Tokyo pekan lalu. Model itu menggunakan mesin V6 berkapasitas 3.8 liter yang menghasilkan tenaga kuda sebesar 595 hp. Mobil itu mengalami revisi knalpot, proses pengapian, dan turbo yang lebih besar, suspensi, ban dengan ukuran tapak yang lebih lebar, dan bodi kit yang dapat meningkatkan kecepatan.  Untuk membangun Nissan GT-R terbaru ini, Nissan menggunakan bahan dari serat karbon sehingga dapat mengurangi berat keseluruhan mobil hingga 64 kilogram. Dengan berbagai perubahan itu, torsi mobil itu juga mengalami peningkatan dari 463 lb-ft menjadi lebih dari 480 lb-ft.

GT-R Nismo mencatatkan waktu putaran di Nurburgring dengan angka 7:08.679. Catatan itu menjadi rekor tercepat untuk mobil yang diproduksi massal di sirkuit berjuluk neraka hijau itu. CEO Nissan Carlos Ghosn menyambut baik hasil yang diraih Michael bersama Nismo. “Dengan catatan waktu ini, Nissan GT-R Nismo 2014 memegang rekor mobil produksi massal tercepat di Nordschliefe,” kata Ghosn seperti dilansir Auto Car, Selasa.

GT-R terbaru terdiri dari empat tiper yaitu Pure Edition, Black Edition, Premium Edition, dan Nismo. Keempat mobil itu memiliki harga berbeda. Model Pure Edition dibanderol senilai 9.051.000 Yen atau jika dirupiahkan seharga Rp 1,05 miliar. Untuk Black Edition dijual seharga 9.933.000 Yen atau Rp 1,15 miliar. Model Premium Edition dipasarkan dengan harga 9.051.000 Yen atau Rp 1,17 miliar. Model yang paling mahal tentunya GT-R Nismo yang dilepas dengan harga 15.015.000 Yen atau Rp 1,74 miliar.

GT-R Nismo akan mulai dipasarkan di Jepang pada February 2014. Kemudian, mobil itu akan masuk ke pasar Eropa dan Amerika pada musim panas 2014. Untuk urusan akselerasi, Nissan GT-R Nismo dapat mencapai kecepatan 60 mph dari diam dalam waktu 2.7 detik, masih terpaut 0.3 detik dari hypercar tercepat di dunia, Bugatti Veyron.

Akhirnya Nissan mengakui GT-R generasi terbaru akan menggunakan teknologi hybrid. Nissan mengatakan penggunaan teknologi hibrida untuk mendongkrak tenaga sambil mengurangi emisi. Executive Vice President, Andy Palmer mengatakan sistem hibrida akan sangat membantu meningkatkan performa Nissan GT-R. “Tambahan motor listrik akan mendorong mobil lebih kencang,” katanya.

About Adam Rizal

Check Also

Edisi Spesial Xpander dan Xpander Cross Meluncur!

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan edisi spesial …

Leave a Reply