Tuesday , 21 September 2021
Home / LifeStyle / Property / House / Tips Buat Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan
Ilustrasi rumah agar tetap hangat di musim hujan 1

Tips Buat Rumah Tetap Hangat di Musim Hujan

Beberapa pekan terakhir, Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia sedang diguyur hujan deras setiap harinya. Hal itu membuat suhu rumah atau rungan menjadi dingin. Biasanya, orang barat menggunakan pemanas ruangan atau heater untuk menghangatkan ruangan atau membakar kayu di tempat perapian.

Membeli heater atau pemanas adalah cara yang ruangan kurang efektif karena akan menyedot daya listrik yang besar dan harga pemanas ruangan yang sangat mahal. Sebenarnya, ada cara yang lebih praktis untuk menghangatkan rumah tanpa menggunakan penghangat ruangan. Berikut tipsnya seperti dilansir wikihow.

Pertama, pastikan semua jendela rumah tertutup rapat dan terkunci ketika hujan lebat turun bahkan anda dapat menutupi jendela dengan lembaran plastik bening sehingga membuatnya menjadi kedap udara. Kedua, pasang tirai di jendela. Tirai dapat menahan udara dingin yang masuk. Ketiga, tutup semua pintu. Periksa kunsen pintu dan bagian bawah pintu.

Keempat, pindahkan barang-barang seperti tanaman atau apa saja yang menghalangi cahaya masuk ke dalam rumah. Anda bisa memindahkannya kembali ke tempat semula pada malam hari. Kelima, ruangan yang tidak terpakai. Pintu yang tertutup membuat ruangan menjadi lebih hangat. Ke-enam, gunakan karpet. Lantai yang menggunakan karpet dapat mencegah hilangnya panas melalui permukaan lantai. Karpet umumnya lebih hangat dibanding lantai kayu atau batu.

Ketujuh, nyalakan lilin. Sebuah lilin dapat menghasilkan panas. Namun, ingat, jangan pernah meninggalkan lilin dalam keadaan masih menyala. Kedelapan, nyalakan lampu. Rata-rata bola lampu pijar melepaskan energi panas sebesar 95 persen dan bisa menjadi salah satu sumber panas yang efisien. Terakhir, jika anda ingin bersantai di musim hujan, pilihlah ruangan yang kecil untuk bersantai. Ruangan yang kecil tidak akan membuat anda kedinginan.

About Adam Rizal

Check Also

5 Tips Beli Furnitur Biar Nggak Nyesel

Jakarta, NextID – Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang …

Leave a Reply