Tuesday , 22 June 2021
Home / Tech / Computer / Akuisisi Terbesar Industri IT
Ilustrasi Dell Akuisisi EMC 1

Akuisisi Terbesar Industri IT

Pabrikan komputer raksasa Dell mengakuisisi perusahaan storage data EMC senilai USD 67 miliar atau Rp. 902 triliun dan menjadikannya akuisisi terbesar dalam jagat teknologi. Hal itu dilakukan Dell mengingat pasar komputer yang stagnan karena migrasi pengguna komputer ke ponsel pintar dan pertumbuhan bisnis EMC yang bagus dan menguntungkan.

Perpaduan bisnis server Dell dan virtualisasi EMC akan membuat penawaran produk Dell lebih luas. Nantinya, Dell bisa menyaingi nama besar seperti IBM, Cisco dan Hewlett Packard dalam area bisnis cloud computing, mobility dan sekuriti siber. “Ini merupakan simbiosis mutualisme. Mereka sungguh membutuhkan satu sama lain. Dell lebih ke sisi konsumer yang saat ini situasinya buruk. EMC memiliki beberapa produk enterprise tapi tidak komplet,” kata Akademisi di Owen School Management, Eric Johhnson.

EMC sendiri adalah perusahaan raksasa teknologi dalam bidang enterprise atau korporat. EMC menawarkan hardware storage terbesar di dunia, membuat server dan memiliki perusahaan sekuriti RSA dengan produknya token SecurID yang aman. Tentunya, Dell juga akan mendapatkan aset terbesar EMC yaitu VMWare. VMWare adalah perusahaan yang menguasai jagat software virtualisasi dan memungkinkan para pebisnis menjalankan pelbagai macam sistem operasi di perangkat mereka. EMC sendiri menguasai saham VMWare sebanyak 81 persen. “Kombinasi Dell dan EMC menciptakan kekuatan besar untuk enterprise. Akuisisi ini akan mengangkat posisi kami di industri,” kata Dell seperti dilansir Reuters, Senin (19/10).

Ada beberapa skema pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan yang dipimpin oleh Micahel Dell tersebut agar bisa berjalan mulus. Dell akan membayar saham EMC senilai US$ s24,05 secara tunai dan saham VMware senilai US$ 9 perlembarnya. Dell bakal menambahkan sisa pembayaran nyaris sekitar US$ 50 miliar dalam bentuk pinjaman untuk melunasi proses akuisisi tersebut. Dell sendiri melakukan pinjaman modal sebesar US$ 40 miliar untuk mendukung proses akuisisi tersebut. Hal itu membuat saham EMC naik 1,8 persen menjadi US$ 28,35.

About Adam Rizal

Check Also

Wow, Konsumsi BBM DFSK Super Cab 15,4 Km/L

Jakarta, NextID- DFSK senantiasa membuktikan kualitas kendaraannya yang ditawarkan mumpuni dan mendukung berbagai aktivitas konsumen …

Leave a Reply