Wednesday , 23 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Tips Bawa Anak ke Museum

Tips Bawa Anak ke Museum

Museum merupakan salah satu tempat untuk menyaksikan benda-benda peninggalan sejarah. Anda pun bisa mengajak anak-anak berwisata untuk menambah pengetahuan mereka. Berikut tujuh tips membawa anak berwisata ke museum seperti dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (25/9).

Hadiah yang menyenangkan

Anda harus memberikan sugesti ke anak anda bahwa museum adalah tempat yang menyenangkan, bukan tempat kuno yang membosankan. Anda bisa memberikan hadiah ke anak seperti memberikan koleksi pesawat atau mobil, jika ingin pergi ke museum.

 

Pilih museum yang tepat

Pilih museum yang sesuai dengan keinginan anak-anak. Untuk anak laki-laki, misalnya, ajak mereka ke museum yang mengoleksi mobil, pesawat, kapal, ataupun teknologi robot. Untuk anak perempuan, bawa mereka ke museum yang mengoleksi boneka ataupun batik dan lainnya.

 

Cari pameran khusus

Carilah pameran khusus yang memungkinkan anda dan anak dapat menikmati museum bersama-sama. Beberapa museum kerap menyelenggarakan pameran yang bisa dinikmati oleh orangtua dan anak-anak. Hal itu akan membuat anda dan anak anda tidak bosan.

 

Lakukan pelan-pelan

Di museum, lihatlah setiap barang-barang sejarah secara perlahan. Tidak usah terburu-buru dan memaksakan anak untuk melihat semuanya. Jika anak anda sudah terlihat bosan, saatnya anda membawanya pulang.

 

Bermain

Saat berada di museum, buat suatu permainan yang membuat mereka tidak bosan. Misalnya, ajak anak anda untuk mencari lukisan tertentu. Siapa yang pertama melihat, pilih dia sebagai pemenang. Namun untuk melakukan permainan itu, lebih baik anda membawa anggota keluarga lebih banyak.

 

Patuhi Peraturan

Berikan edukasi ke anak anda untuk tidak sembarangan menyentuh barang-barang dan berlari-lari di dalam musem. Museum sangat menjaga barang-barang yang dipamerkan, karena berhubungan dengan sejarah.

 

Diskusikan kembali

Setelah kembali ke rumah, sebaiknya anda mengajak anak anda berbicara tentang perjalanan tersebut. Anda bisa melakukannya sebelum dia pergi tidur. Tanyakan padanya, apa yang paling diingat dan apa yang paling disuka dari tur museum.

About Job Palar

Check Also

Semangat Febrantonius Sinaga Hasilkan Karya Seni Jempolan!

Jakarta, NextID – Dalam berkarya di tengah Covid-19 ini tidak ada jurus lain, selain  harus …

Leave a Reply