Home / LifeStyle / Leisure / Health / MPASI Organik Pertama Produksi Indonesia 

MPASI Organik Pertama Produksi Indonesia 

Peran Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI)  sebagai makanan atau minuman pelengkap selain ASI semakin penting saat bayi siap atau berusia 6 bulan sampai bayi berusia 24 bulan. Meski begitu, ASI harus tetap diberikan kepada bayi, paling tidak sampai usia 24 bulan atau 2 tahun. Peranan makanan pendamping ASI sama sekali bukan untuk menggantikan ASI melainkan hanya untuk melengkapi ASI dalam hal pemenuhan kebutuhan akan gizi nutrisi sang bayi.
Meski fungsinya sebagai pelengkap, MPASI juga harus diperhatikan mutu dan kelengkapan gizinya. “Bayi usia 6 bulan bisa tidak optimal tumbuh kembangnya apabila pemberian ASI tidak disertai dengan MPASI dengan kandungan gizi yang cukup. Memanfaatkan bahan pangan organik sebagai bahan dasar MPASI bisa menjadi alternatif lain karena bahan pangan organik memiliki banyak keunggulan,” demikian dijelaskan oleh Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc  dari , Staf Akademik Departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM, saat berbincang dengan media beberapa waktu lalu.

MPASI dari bahan pangan organik ini pun saat ini telah berhasil diproduksi Kalbe Nutritionals.  Di bawah brand Milna, Kalbe Nutritionals kali ini menghadirkan produk MPASI organik pertama yang diproduksi secara lokal.

Keunggulan dalam hal kandungan gizi bahan pangan organik, termasuk rendahnya rasio asam lemak omega-6 / omega-3 dari susu organik, yang antara lain dapat menurunkan faktor risiko penyakit degeneratif seperti penyakit kardiovaskular saat usia dewasa. Kandungan gula dalam bahan pangan organik juga lebih tinggi, sehingga tidak membutuhkan penambahan gula dalam proses pengolahannya.

Selain itu, sayur dan buah organik memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang lebih tinggi 10–50% dibandingkan dengan sayur dan buah reguler. Kandungan karbohidrat total dan seratnya juga lebih tinggi.

Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals, Helly Oktaviana, menjelaskan, “Proses persiapannya membutuhkan berbagai riset formulasi bahan-bahan organik dan kandungan nutrisi yang sesuai dengan standar produk pangan organik internasional dan SNI MPASI. Agar dapat diterima dan disukai bayi Indonesia, kami juga melakukan penelitian dalam hal rasa”.

MPASI organik merupakan inovasi dari kebaikan alam, namun bukan berarti semua produk organik sesuai dengan kebutuhan nutrisi Si Kecil. “Pemilihan bahan pangan organik untuk bayi, tetap harus dilakukan dengan cermat agar dapat memenuhi Angka Kecukupan Gizi harian si Kecil, MPASI diusahakan terdiri dari aneka ragam jenis pangan termasuk daging, unggas, ikan atau telur, susu, serta sayur dan buah. Bila tidak memungkinkan, maka diperlukan pemanfaatan MPASI yang terfortifikasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan asupan makronutrien dan mikronutrien si Kecil.” kata dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi, Pakar Gizi Medik Indonesian Nutrition Association (INA).

Sebagai upaya dalam melengkapi rangkaian produk nutrisinya dan menjawab kebutuhan nutrisi si Kecil, Milna mempersembahkan Milna Bubur Bayi Organik. Terbuat dari 95% bahan pangan organik berkualitas tinggi dan memiliki sertifikat resmi, menjadikan Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Organik pertama dan satu-satunya yang diproduksi di Indonesia. Artinya, harganya terjangkau dan rasanya sesuai dengan selera anak Indonesia. Tersedia dalam 2 varian rasa yaitu Beras Merah dan Kacang Hijau yang tinggi Protein, Kalsium, Zat Besi, 12 Vitamin dan 8 Mineral.

“Rasa dan formulasi Milna Bubur Bayi Organik telah disesuaikan dengan selera bayi Indonesia, dimana berdasarkan hasil panel, awal 2014 lalu, Milna Bubur Bayi Organik Beras Merah dan Kacang Hijau lebih disukai dibandingkan Bubur Beras Merah dan Kacang hijau dari brand lainnya yang ada di pasaran saat ini,” kata Brand Manager Milna Christofer Samuel Lesmana.

About Job Palar

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply