Monday , 27 September 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Kunyit Cegah Diabetes
Kunyit

Kunyit Cegah Diabetes

Kunyit merupakan rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan warna alami pada makanan untuk menjadi kuning.  Tak hanya itu, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut enam manfaat kunyit seperti dilansir The Huffington Post, Kamis (24/9) :

1. Redakan sakit perut
Kunyit dapat menghilangkan rasa mulas atau sakit perut. Berdasarkan sebuah penelitian pada 1989, suplemen yang berasal dari kunyit lebih efektif  mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan.

2. Cegah serangan jantung
Kunyit mengandung kurkumin yang menyimpan sejuta manfaat kunyit bagi kesehatan. Sebuah studi pada 2012, kandungan kurkumin dapat mencegah serangan jantung.

3. Cegah diabetes
Berdasarkan hasil studi 2012, kapsul kurkumin dapat menunda seseorang pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

4. Lawan kanker
Kunyit dapat menyembuhkan kanker. Kurkumin dapat mengganggu pertumbuhan atau perkembangan sel kanker. Kurkumin juga dapat mencegah penyebaran sel kanker. Menurut American Cancer Society, kurkumin bahkan mampu membunuh sel-sel kanker, mengecilkan tumor, serta meningkatkan efek kemoterapi pada hewan. Namun, penelitian pada manusia masih tahap awal.

5. Lindungi fungsi otak
Dalam penelitian terbaru, peneliti menemukan kandungan ar-turmeron atau turmeron aromatik di dalam kunyit. Senyawa itu memperbaiki sel-sel batang di otak.

6. Mengurangi nyeri sendi
Ekstrak kunyit sama dengan obat ibuprofren yang dapat mengurangi nyeri pada sendi penderita osteoarthritis lutut.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply