Thursday , 24 June 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Health / Khasiat Madu
Madu

Khasiat Madu

Madu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan menjadi menu utama ketika meminum jamu-jamu tradisional. Meski mengandung kadar gula yang tinggi, madu memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu dapat meredakan batuk balita di malam hari. Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu seperti dilansir Health, Sabtu (26/9) :

1. Obat oles
Penelitian mengungkapkan beberapa penyakit kulit seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi dapat sembuh dengan “terapi madu” yang dioleskan pada bagian luka. Kandungan alami madu yaitu hidrogen perioksida dapat bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya yang menyembuhkan. Hidrogen perioksida berasal dar enzim lebah.

2. Mengurangi gatal
Madu mengandung anti-inflamasi terbukti dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.

4. Meredakan gangguan pencernaan
Menurut jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dapat meningkatkan mikroflora dalam usus.

5. Mengobati jerawat
Madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.

About Adam Rizal

Check Also

MSG Pemicu Kanker, Benar atau Salah?

Jakarta, NextID – Penyedap rasa atau sering kita kenal dengan monosodium glutamat (MSG) sering kali …

Leave a Reply