Home / Auto / Debut Ferrari 488 Spider
Ferrari 488 Spider

Debut Ferrari 488 Spider

Ferrari 488 Spider, hari ini, tampil perdana di Frankfurt International Motor Show. Ferrari 488 Spider itu menjadi babak baru dalam sejarah Maranello untuk mobil sport open-top V8.

Ferrari itu ditenagai mesin turbo-charged V8 milik 488 coupe berkapasitas 3.902 cc yang mampu menghasilkan dorongan maksimum sebesar 670 CV, serta dilengkapi dengan Variable Torque Management System yang menjamin hantaran torsi yang mulus dan progresif pada gigi-gigi tinggi hingga maksimum 760 Nm pada 3.000 rpm.

488 Spider memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam tiga detik dan 0-200 km/jam dalam 8,7 detik, dan yang lebih utama lagi yaitu waktu respon tuas penggerak kecepatan super tajam hanya dalam 0,8 detik yang pada dasarnya menghilangkan turbo lag yang umumnya ada pada mesin sejenis ini.

Dalam rilisnya, Jumat, disebut keahlian dari Scaglietti Centre dalam mengolah aluminium telah menciptakan struktur kerangka mesin ringan dan berperforma tinggi yang terbuat dari 11 perpaduan aluminium 6000 series.

Walhasil, kekhususan rancang bangun menghasilkan torsi dan rangka kokoh sebagaimana yang terdapat pada coupe yang memiliki atap struktural, sehingga mampu meningkatkan performa casis 23 persen lebih besar dibanding 458 Spider.

488 Spider ini menggunakan RHT (Retractable Hard Top) yang pertama kali diperkenalkan pada 458 Spider sebagai solusi bagi mobil bermesin mid-rear yang pertama di dunia.

RHT dihadirkan sebagai alternatif dari soft-top tradisional karena tidak hanya lebih ringan 25 kg, namun juga memberikan perlindungan lebih dari suara dan unsur lainnya walaupun pada saat atap diturunkan, berkat wind-stop yang terbuat dari kaca yang dapat diatur dalam tiga posisi yang berbeda.

Selain itu, RHT juga dapat dibuka dan ditutup hanya dalam waktu 14 detik walaupun mobil sedang dalam keadaan bergerak.

Pengaturan mekanik serta kendali dinamika milik 488 Spider berkontribusi penting dalam menghasilkan performa sporty bertenaga tinggi saat mobil itu berada di jalan, dengan penyetelan Manettino yang dipilih untuk misi ini.

Secara khusus, para teknisi telah membuat peredam magnetorheological untuk menciptakan performa sporty maksimal tanpa mengorbankan kenyamanan. Sistem Side Slip Angle Control SSC2 yang baru juga memudahkan para pengemudi non-profesional untuk mencapai batas kemampuannya.

Selain itu, 488 Spider dapat merespon hampir seketika atas input dari kemudi (0,06 detik atau sembilan persen lebih cepat daripada Spider sebelumnya).

Bagian yang menonjol yaitu flying buttresses yang secara optimal mengalirkan udara ke kap mesin, lekukan di kap mesin, dan air intakes dengan grille berbentuk jaring yang menambah kesan dinamis pada bagian tersebut.

488 Spider juga memperkenalkan warna baru yang didesain khusus untuk memperkuat bentuknya, yakni Blue Corsa. Efek warna warni yang tidak biasa tercipta berkat sistem pengecatan dua lapis.

About Adam Rizal

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply