Thursday , 23 September 2021
Home / Tech / Gadget / Kamera ponsel setara DSLR
LG G4 1

Kamera ponsel setara DSLR

Saat ini hampir setiap ponsel memiliki kamera untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern. Fitur kamera adalah syarat mutlak, jika ponsel itu mau laku, maka harus ada kamera. Bahkan, kamera juga menjadi tolok ukur kehebatan sebuah ponsel pintar. Ponsel pintar yang memiliki kamera dengan megapiksel yang besar, otomatis lebih canggih dan mahal.

Dengan bermodal kamera ponsel, pengguna sudah mampu memperoleh jepretan yang tak kalah ciamik dengan kamera kelas menengah-atas. Bahkan, perusahaan kamera sangat takut dan was-was lantaran para pelanggan lebih tertarik membeli ponsel pintar dengan kamera beresolusi besar daripada membeli kamera poket secara terpisah.

Betapa tidak, kamera ponsel kelas high-end saat ini sudah memiliki bukaan yang lebih besar, auto-fokus super cepat, hingga penggunaan sensor resolusi tinggi. Mirip dengan kamera poket bahkan D-SLR. Belum lagi, adanya ribuan aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas gambar dan kamera. SH merangkup lima ponsel kamera yang memiliki fitur kamera di atas rata-rata dari berbagai sumber, Sabtu (26/9) :

1. LG G4

Ponsel pintar LG 4 menggunakan resolusi kamera sebesar 16 MP, bukaan f/1.8, dan fitur Optical Image Stabilizaton untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

2. HTC One M9

Produsen ponsel pintar asal Taiwan itu mengguncang pasar dengan meluncurkan ponsel pintar HTC One M9 dengan kekuatan kamera sebesar 20,7 MP dan kamera kedua sebesar 2,1 MP pada bagian belakangnya. Penambahan dua kamera itu dapat meningkatkan efek bokeh di bagian belakang.

3. Huawei Honor 6 Plus

Tak hanya HTC, Huawei juga menggunakan dua kamera utama pada bagian belakang ponsel pintar Huawei Honor 6 Plus. Kekuatan kamera Huawei Honor 6 Plus sebesar 8 MP dengan bukaan yang berbeda, satu bukaannya f/2.0 sedangkan yang lainnya f/2.4. Penambahan dua kamera itu akan memberikan efek bokeh yang lebih baik dan penambahan efek 3D pada hasil gambarnya. Kelebihan lain kamera Honor 6 Plus adalah autofokusnya yang cuma memakan waktu sebanyak 0,1 detik!

4. Gionee Elife E8

Elife E8 memiliki kemampuan kamera setara kamera DSLR kelas profesional yaitu 24 MP dengan bukaan f/2.0. Gionee juga membekali software kamera yang sangat unik karena bisa meningkatkan hasil jepretannya hingga 100 MP. Lensa Elife E8 juga menarik karena memiliki lapisan kaca safir sehingga tidak perlu khawatir tergores.

5. Panasonic Lumix DMC-CM1

Lumix CM1 memiliki sensor kamera berukuran 1 inch yang bisa menghasilkan jepretan 20 MP. Pengguna juga bisa mengatur bukaan lensanya sesuai kebutuhan mulai dari f/2.8 sampai f/11.0.

Begitu juga dengan tingkat ISO-nya, pengguna bisa mengaturnya mulai dari pilihan 100 hingga 25.600 sesuai keinginannya. Sayang, harga ponsel pintar itu cukup mahal senilai USD 1.000 atau sekitar Rp 13 jutaan.

About Adam Rizal

Check Also

Scuderia Alphatauri Pertahankan Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda untuk Musim 2022

Faenza, NextID – Scuderia AlphaTauri mengumumkan untuk mempertahankan duet pembalapnya, yaitu Pierre Gasly dan Yuki …

Leave a Reply