Sunday , 1 August 2021
Home / LifeStyle / Leisure / Travel / Daya Magis Indonesia
gili trawangan

Daya Magis Indonesia

gili trawangan
gili trawangan

Dek : Indonesia atau Nusantara memiliki daya magnet untuk memancing wisatawan asing berkunjung. Indonesia adalah negara yang memancarkan pesona alam, budaya, dan daya tarik masyarakat yang mengagumkan. Indonesia juga memiliki adat istiadat, tradisi, dan suku bangsa yang sanggup membuat decak kagum serta kekayaan flora dan fauna yang mencapai ribuan jenis. Belum lagi, heningnya lautan yang penuh warna dan kemegahan pegunungan yang menjulang tinggi bisa ditemukan di negeri ini.

 

Sudahkah Anda mengenali keunikan yang dimiliki bangsa ini? Berikut hanyalah sebagian kecil keunikan Indonesia yang dapat menambah kecintaan kita kepada Indonesia yang indah ini, seperti dilansir dari laman Indonesia Travel, Selasa (28/7):

  1. Indonesia adalah negara dengan kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 113.466 pulau. Indonesia memiliki lima kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Di dalamnya ada tiga dari enam pulau terbesar di dunia, yaitu Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km², Sumatera luasnya 473.606 km², dan Papua yang luasnya 421.981 km².
  2. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia yaitu sekitar 60 persen penduduk Indonesia atau sekitar 130 juta jiwa tinggal di pulau yang luasnya hanya 7 persen dari seluruh wilayah Indonesia.
  3. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93.000 km² dan panjang pantai sekitar 81.000 km² atau hampir 25 persen dari panjang pantai di dunia.
  4. Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia, yaitu 740 suku bangsa atau etnis bahkan di Papua saja ada 270 suku. Karena itu, Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Meski banyak memiliki bahasa daerah, bahasa nasionalnya tetap bahasa Indonesia yang mampu menyatukannya tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya.
  5. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88 persen dari penduduk Indonesia. Hal itu membuat Indonesia memiliki jumlah masjid terbanyak di dunia dan negara penyumbang jemaah haji terbesar di dunia.
  6. Candi Borobudur, Jawa Tengah, memiliki Monumen Buddha terbesar di dunia yang tingginya mencapai 42 meter dan terdiri atas 10 tingkat serta memiliki panjang relief yang indah mencapai lebih dari 1 km.
  7. Indonesia adalah tempat penemuan manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecanthropus erectus yang berasal dari masa 1,8 juta tahun yang lalu.
  8. Indonesia menempati peringkat satu penghasil cengkih dan pala serta nomor dua di dunia untuk penghasil karet alam dan minyak sawit mentah. Indonesia merupakan pengekspor kayu lapis terbesar yaitu sekitar 80 persen di pasar dunia. Penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia atau sekitar 20 persen dari suplai seluruh dunia. Produsen timah terbesar kedua di dunia.
  9. Indonesia memiliki terumbu karang terkaya di dunia mencapai 18 persen dari total di dunia dan memiliki hutan bakau terbesar di dunia untuk mencegah pengikisan air laut. Indonesia juga menjadi asal dari kekayaan bunga anggrek terbesar di dunia yang mencapai 6.000 jenis anggrek dan bunga Rafflesia Arnoldi sebagai bunga terbesar di dunia dengan diameternya mencapai 1 meter.
  10. Indonesia adalah habitat untuk binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo, kadal terbesar di dunia dengan panjangnya mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg. Di bawah laut, Indonesia memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 spesies. Indonesia memiliki primata terkecil di dunia yaitu Tarsier gunung (Tarsius pumilus) di Sulawesi yang panjangnya hanya 10 cm.
  11. Di Sulawesi, pernah ditemukannya ular Python reticulates terpanjang di dunia yang panjangnya mencapai 10 meter. Ada juga ikan terkecil di dunia yang ditemukan di rawa berlumpur Sumatera. Panjangnya hanya 7,9 mm dan besarnya kurang lebih sebesar nyamuk.
  12. Indonesia merupakan negara ke-70 tertua di dunia, negara pertama yang lahir sesudah Perang Dunia II, dan satu-satunya negara yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 7 Januari 1965), kemudian bergabung kembali 28 September 1966. (Indonesia Travel)

About support

Check Also

“Indonesian Odyssey” di Mata Leksmono Santoso

Jakarta, NextID – Fotografi bawah laut sudah biasa kita nikmati via bidikan penyelam yang merangkap …

Leave a Reply