Home / Auto / Langkah Penting Pasca Perjalanan Mudik Ala Peugeot
Walau kini seringkali perjalanan mudik didera banyak persoalan, buntutnya bahagia. Karena bisa silaturahmi dengan sanak keluarga di ujung mana pun. Ist

Langkah Penting Pasca Perjalanan Mudik Ala Peugeot

Jakarta, NextID  – Ritual mudik menggunakan mobil pribadi, sejatinya hampir mirip dengan melakukan perjalanan jauh pada hari biasa. Hanya saja momen mudik ini penuh tantangan. Belum lagi hadapi ragam cuaca, kadang hujan.

Kondisi seperti ini otomatis membuat performa mesin, kinerja fitur hingga tampilan kendaraan semakin berat. Untuk itu pemilik mobil tidak hanya fokus pada pra-perawatan tapi juga pasca perjalanan mudik. Terlebih jalur yang dilalui kondisinya bisa lancar bisa juga tidak.

“Nah, bagi Anda pemilik mobil Peugeot yang tahun ini lakukan mudik bersama keluarga.Sebaiknya untuk melakukan service menyeluruh hingga melakukan tune up mobil bila diperlukan, agar performa mesin mobil tidak menurun. Sehingga perjalanan pulang kampung tetap lancar dan mobil kembali fit setelahnya, ” ulas Roni Agung, Kepala bengkel Peugeot Cilandak.

Apalagi momen mudik 2024 sudah berakhir. Berikut ini beberapa tips merawat mobil setelah melakukan perjalanan jauh untuk mudik :

Cuci Mobil.

Perlu dilakukan pertama kali adalah mencuci mobil. Tak hanya bagian eksterior atau luar mobil, bersihkan juga bagian dalam mobil. bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan interior agar debu dan kotoran yang menempel pada karpet dan jok bisa terangkat.

Mengganti pelumas, salah satu bagian penting pasca mudik. Ist

Cek Pelumas

Meskipun sudah di lakukan service sebelum mudik, perjalanan jauh pun dapat mempengaruhi kualitas oli mesin. Apalagi jika terjadi kebocoran di area mesin. Oleh sebab itu jika kondisi mesin dirasakan tidak normal sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk cek kondisi pelumas mesin, gearbox dan lainnya.

“Mengapa harus di cek dan ganti oli jika diperlukan? Karena perjalanan yang ditempuh dalam jangka waktu lama, biasanya akan membuat setiap komponen terus bergesekan secara terus-menerus. Tak heran jika hal ini membuat oli lebih mudah kotor dan berkurang sehingga fungsi oli mesin sebagai pelumas bisa menurun kualitasnya, ” imbuhnya.

Periksa Sistem Pendingin

Selain pemeriksaan pada mesin, lihat juga apakah sistem pendinginnya berfungsi secara normal guna menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan mencegah mesin menjadi overheat. Bisa dimulai dengan memeriksa volume air di tabung reservoir hingga kondisi dan kualitas air radiator.

 Pastikan juga Kipas radiator, Termostat hingga Selang pendingin serta kelistrikannya berfungsi agar sistem pendinginan pada mobil bekerja optimal.

Periksa Kondisi Ban

Selanjutnya memeriksa kodisi ban. Langkah bijaknya mengecek ulang tekanan angin ban. Apalagi saat mudik selain banyak penumpang juga bawa barang lebih banyak dari biasanya. Dan untuk tekanan angin ban ukurannya bisa dilihat di pintu mobil bagian depan.

Pengecekan menyeluruh kondisi kendaraan via perangkat diagnostik. Ist

“Selain ukur ulang tekanan angin ban, periksa juga semua kondisi ban termasuk ban cadangan. Bila ban mobil sudah aus ataupun mengalami kebocoran, disarankan untuk mengganti dengan ban baru agar tidak membahayakan saat kendaraan digunakan, ” ingat Roni.

Terakhir jika masih ada waktu sebelum lakukan aktivitas harian ada baiknya lakukan spooring, balancing sekaligus cek kondisi rem. Sebab prosedur penyesuaian posisi roda pada mobil agar terhindar dari kecelakaan dan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

About Gatot Irawan

Check Also

NETA V-II Meluncur Resmi & Dibanderol Rp 299 juta

Jakarta, NextID – PT NETA Auto Indonesia mengumumkan harga lineup mobil listrik terbaru yaitu NETA V-II via  acara The …

Leave a Reply