Tuesday , 3 August 2021
Home / Auto / Pilihan Varian Toyota Raize
Toyota Raize saat peluncurannya, menggoda untuk dikoleksi. Ist

Pilihan Varian Toyota Raize

Jakarta, NextID – Sebelum berlanjut ke bedah fitur Toyota Raize yang modern dan canggih, terdapat 6 line up pada Compact SUV ini yang bisa dipilih oleh pelanggan Toyota. Mulai dari 1.2 G M/T dan 1.2 G CVT, 1.0 Turbo G M/T, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, di mana TSS adalah singkatan dari fitur keamanan terkini Toyota Safety Sense. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

GR Sport yang terdapat pada Raize mengambil ruh dari mobil sport TGR yang diaplikasikan pada body kit sporty, sentuhan unik di interior, serta fitur canggih dan terdepan di kelasnya. Raize merupakan produk GR Sport pertama yang dijual di Indonesia.

Mesin Turbo Fenomenal

Sejalan dengan tren mesin masa depan yang mengutamakan efisiensi bahan bakar, Toyota Raize ditanamkan mesin kompak berkapasitas 1.000 cc 3-silinder ditambah dorongan turbo supaya tenaga dan torsinya dapat meningkat secara signifikan. Mengandalkan mesin 3-silinder yang dikenal sanggup mendulang torsi besar, tenaga Raize sekuat 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak menembus 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Keunggulan dari mesin turbo yakni daya dorong besar ketika rumah keong bekerja sehingga memberikan sensasi berkendara yang mendebarkan. Karakter mesin seperti ini sangat cocok dipakai di jalan perkotaan dengan kondisi stop and go tinggi berkat torsi kuat yang dihasilkan di putaran mesin rendah. Apalagi Toyota Raize mempunyai postur tubuh yang kompak, alhasil dapat berjibaku dengan lincah dan cekatan di antara komuter lainnya.

Mesin ini tidak kehilangan napas ketika cruising di jalan tol karena tenaganya masih memadai dan kehadiran transmisi CVT yang lugas diyakini mampu memberikan rasio sabuk baja yang pas untuk berbagai kondisi berkendara. Toyota Raize lebih irit bensin dan ramah lingkungan berkat penggunaan mesin kecil dengan efisiensi tinggi yang disandingkan bersama transmisi CVT modern. Bermodalkan mesin canggih tersebut, bukan perkara sulit bagi Raize untuk menyajikan kenikmatan berkendara terbaik setiap hari.

Advance Features

Fitur Toyota Raize dibagi berdasarkan varian. Seperti Illumination Headlamp dan LED Rear Combi Lamp yang ada di seluruh tipe. Termasuk Auto Retractable Mirror Convenient yang akan melipat spion samping secara otomatis ketika pintu dikunci. Smart Entry with Push Start Button, Keyless Car Door, dan Start Engine Button juga ada di semua tipe beserta bagasi lega untuk segala keperluan. Untuk memberikan informasi pendukung berkendara, terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern, di mana penggunanya yang berjiwa muda dapat mengubah tampilan MID dalam 4 opsi display, yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Di dalam, desain interior yang stylish dan modern diperkaya oleh fitur terkini seperti AC dengan display digital untuk mempermudah pengoperasian dan Interactive 9 Inch Head Unit yang menyajikan media hiburan luas sebagai teman perjalanan. Fitur AC digital dimiliki pada semua grade.

Seluruh varian 1.0T memiliki opsi warna bodi two-tone yang unik dan atraktif serta velg alloy 17 inch, dan opsi warna single-tone sebagai pilihan. Hanya saja desain velg-nya dibedakan di mana untuk tipe 1.0T G memiliki warna Silver Dual Tone sedangkan tipe 1.0T GR Sport dan 1.0T GR Sport TSS mendapatkan warna Elegant Full-Black yang menciptakan visual eksklusif dan gagah. Ditambah hendel pintu berwarna krom untuk menguatkan kesan keren dan mewah pada Toyota Raize.

Paling menarik adalah Interactive 9 Inch Head Unit yang memiliki banyak menu unik dan hanya ada di Toyota Raize. Menggunakan floating design, head unit ini terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Naik ke tipe 1.0T GR Sport dan 1.0T GR Sport TSS, ada beberapa berbeda untuk memberikan kenikmatan dan kegembiraan optimal saat berkendara. Langsung terdeteksi dari penggunaan aero kit di area bumper depan dan belakang serta side skirt guna mengoptimalkan aerodinamika dan membuatnya tampak berbeda.

DRL & Sequensial Turn Light dengan lampu sein LED mengalir dari dalam ke arah samping, mencitrakan kendaraan canggih dan berkelas sekaligus modern. Tidak kalah canggih, terdapat fitur Perceptive Auto Headlight di mana lampu utama Toyota Raize yang cerdas dan adaptif sanggup mengatur tingkat gelap-terang cahaya lampu berdasarkan kondisi jalan.

Penegas kesan sporty dan dinamis di dalam kabin tipe 1.0T GR Sport, bangku supportive dengan kombinasi bahan fabric dan kulit memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan nyaman. AC digital ditambahkan fitur Adaptable Auto AC agar dapat mengatur suhu kabin secara presisi dan efektif. Menciptakan kesan mewah dan elegan, kemudi tipe GR Sport dibalut kulit asli yang eksklusif dan nyaman dipegang. Sementara Convenient Paddle Shift menjanjikan perpindahan gigi yang cepat dan responsif di saat bersamaan tidak mengalihkan fokus pengemudi dari jalan. Fitur Power Mode pada model transmisi CVT menjanjikan respons dan distribusi tenaga yang lebih presisi dan berisi ketika akselerasi penuh.

Safety Features

Seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

VSC adalah salah satu fitur yang memiliki fungsi penting dalam mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat melaju kencang. VSC dapat mencegah roda selip dan hilangnya traksi dengan mengurangi tenaga mesin dan menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya. Sementara HSA membantu pengemudi saat start dari posisi diam di jalan menanjak untuk menghindari risiko mobil bergerak turun. Sekarang fitur premium ini bisa dinikmati oleh pengguna Toyota Raize.

Tipe 1.2 G, 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain) ditambah fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dalam daftarnya terdapat fitur Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Fitur Toyota Safety Sense

Toyota Safety Sense (TSS) pada Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS berusaha memberikan dukungan penuh pada pengemudi untuk mengawasi kondisi sekitar dari potensi bahaya dan sigap memberikan peringatan dini. Jika dirasa penting, sistem akan berperan aktif mencegah kecelakaan dengan melakukan koreksi, seperti memutar kemudi atau melakukan pengereman untuk menghindar dari kecelakaan fatal. Fitur TSS pada Toyota Raize mengikuti jejak Camry, Corolla Altis, dan Corolla Cross yang lebih dahulu memanfaatkannya.

1. Pre-Collision System

Pre-Collision System (PCS) mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga dapat melakukan manuver menghindar. Bahkan, di saat genting andai tabrakan tidak mungkin dielakkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

2. Adaptive Cruise Control

Adaptive Cruise Control (ACC) merupakan pengembangan dari fitur cruise control. ACC dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya. Memanfaatkan kamera di depan, ACC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan. Apabila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

3. Lane Departure Alert with Steering Control

Masih mengandalkan sensor kamera, Lane Departure Alert with Steering Control (LDA) membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Untuk selanjutnya memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Di titik kritis, misalnya ketika pengemudi mengalami microsleep dan mobil menjauh dari jalur, LDA akan mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal.

Fitur LDA dan ACC sangat cakap dalam menjaga pengemudi dari risiko kelelahan saat perjalanan jauh atau lama, termasuk potensi celaka akibat teralihnya perhatian. Namun, fitur tersebut tidak membuat pengguna boleh melepaskan tangan dari kemudi dan sistem akan memberikan peringatan bila pengemudi melakukannya. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi kalau fisik lelah.

4. Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor

Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual. Fitur ini bekerja sebagai ‘mata’ tambahan bagi pengemudi di area blind spot atau tidak terlihat untuk menghindari kecelakaan. RCTA efektif bekerja ketika mobil berjalan mundur saat keluar area parkir sementara BSM punya andil saat mobil pindah jalur di jalan raya.

5. Pedal Missoperation Control

Fitur Pedal Missoperation Control (PMC) memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang. Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal gas, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.

About Gatot Irawan

Check Also

Honda Super Cub C125 Kini Makin Stylish dan Unik!

Jakarta, NextID  – PT Astra Honda Motor (AHM) memperkaya tampilan dan performa Honda Super Cub …

Leave a Reply