Home / Auto / Upaya Daihatsu “Nikahkan” SMK dan Dunia Industri
Seremonial acara penyerahan donasi dari Daihatsu kepada SMK. Ist

Upaya Daihatsu “Nikahkan” SMK dan Dunia Industri

Blitar, NextID –  PT Astra Daihatsu Motor selenggarakan Gebyar Pintar Bersama Daihatsu untuk Wilayah Jawa Timur dan Bali. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Maret 2021 dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama antara SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh General Affair Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Yoga Dina Suryawan; dan Corporate Social Responsibility (CSR) Department Head  ADM, Kirana Belly; perwakilan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Sarjadi Guyatno; perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris Disdik, Dr. Ir. Ramliyanto, M.Sc.; Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Provinsi Jatim, Dr. Ir. Iwan Kurniawan, M.T.; Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim Wilayah Blitar, Ramli; serta  perwakilan 14 SMK dari beberapa wilayah di Jawa Timur juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam keterangan pers Jumat (12/3), di acara tersebut Daihatsu memberikan akreditasi kepada sekolah binaan Daihatsu serta menyerahkan donasi mesin dan transmisi sebagai dukungan bagi kegiatan pembelajaran di SMK. Dengan donasi ini, Daihatsu berharap murid-murid SMK dapat praktik langsung dalam pengoperasian mesin, sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

Kegiatan Pintar Bersama Daihatsu ini merupakan salah satu dari empat pilar CSR ADM yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Melalui pilar ini, ADM berkomitmen untuk mendukung pembelajaran murid-murid SMK, baik dalam hard skill, maupun soft skill. Selain itu, ADM juga membuka kesempatan bagi para lulusan SMK ini untuk bekerja di pabrik ADM.

Kepala SMK Islam 1 Blitar, Solihin, mengatakan, puluhan siswanya mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pekerjaan melalui adanya program PBD. Bahkan ada sekitar 16 siswa SMK Islam 1 Blitar yang telah mendapat kesempatan bekerja di ADM sebelum dinyatakan lulus sekolah.

SMK Islam 1 Blitar merupakan salah satu SMK yang mendapatkan akreditasi A. Sehingga selain mendapat penghargaan, juga memperoleh kesempatan untuk membuka jasa service bagi masyarakat sekitar.

“Program Pintar Bersama Daihatsu bukan hanya sekadar kerjasama antara ADM dan SMK, namun merupakan upaya link and match atau menikahkan kebutuhan SMK dan dunia industri, sehingga motto Vokasi kuat menguatkan Indonesia pun dapat segera terwujud,” ujar Yoga Dina Suryawan.

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply