Home / Auto / Balap Mobil Listrik EXTREME-E Incar Kepulauan Selayar di Indonesia
Balap mobil listrik berbentuk mobil SUV Offroad, didirikan oleh Alejandro Agag yang juga merupakan founder balap Formula E. Ist

Balap Mobil Listrik EXTREME-E Incar Kepulauan Selayar di Indonesia

Jakarta, NextID – Kejuaraan Balap Mobil Listrik EXTREME-E adalah kejuaraan balap mobil listrik berbentuk mobil SUV Offroad, didirikan oleh Alejandro Agag yang juga merupakan founder balap  Formula E, dengan konsep balap mobil seperti Dakar Rally tetapi menggunakan mobil listrik  sekaligus untuk mengampanyekan pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan fenomena pemanasan global serta kesetaraan gender.

Kejuaraan Balap Mobil Offroad Listrik ini diikuti kurang lebih 10 tim balap terkenal antara lain ; X44 milik pembalap Formula 1 Lewis Hamilton, Nico Rosberg dengan pembalap antara lain: Carlos Zain, Jenson Button, Sebastian Loeb dan lain-lain. Mereka akan mengikuti seri putaran balap tahun perdana ini di 4 benua yang akan dikemas sebagai entertaiment dan adventure serta akan disiarkan ke seluruh dunia.

Salah satu tim balap EXTREME-E ini merupakan tim Indonesia dengan nama Team Teechetah, dimiliki oleh Indover Xtreme Elektrik. Selain memiliki tim, Indover Xtreme Elektrik juga mempunyai hak sebagai penyelenggara balap tersebut di wilayah Indonesia.

Menurut Adi Surjanto, Direktur Utama PT Indover Xtreme Elektrik (IXE), setelah mengadakan pengamatan terhadap beberapa lokasi di Indonesia, pihaknya tertarik  untuk mengusulkan Kepulauan Selayar sebagai alternatif utama tempat penyelenggaraan EXTREME-E putaran di Indonesia tahun 2022. “Pertimbangan kami Kepulauan Selayar mewakili karakter alam wisata Indonesia yang terkenal dengan alam tropis dengan  pulau terbanyak dan pantai terpanjang di dunia,” ujarnya, Senin (8/2).

Dia menambahkan, keadaan alam, pantai, dan laut yang sangat bersih belum tercemar itu sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata dunia, sesuai dengan visi Extreme E mengangkat isu pariwisata dan pencegahan perubahan lingkungan global.

Semoga jadual tahun perdana di Indonesia bisa terealisasi dan ada respon pemerintah Indonesia di tengah kegalauan dunia atas Covid-19. Sementara susunan agenda serupa di 4 benua lainnya sudah terjadual, di :

  • Wadi Rum Alula, Saudi Arabia pada 3-4 April 2021
  • Lac Rose Dakar, Senegal pada 29-30 Mei 2021
  • Kangerlussuaq , Greenland pada 28-29 Agustus 2021
  • Santarem, Para, Brazil pada 23-24 Oktober 2021
  • Tierra Del Fuego, Argentina pada 11-12 Desember 2021

About Gatot Irawan

Check Also

All New Honda Civic RS Tampil di Mandalika Track Day 2022

Kuta Mandalika, NextID – All New Honda Civic RS tampil menjadi Safety Car di acara …

Leave a Reply