Home / Auto / Seri Perdana Ajang Honda Racing Simulator Championship Diikuti 200 Peserta!
Dengan mengusung semangat “Race for Everyone,” seri perdana HRSC dipastikan akan berlangsung seru dengan hadirnya beberapa pembalap dari berbagai latar belakang. Di antaranya yaitu pembalap simulator Jaka Siswoyo, Arwin Taruna dan Attaya Kenzie. Ist

Seri Perdana Ajang Honda Racing Simulator Championship Diikuti 200 Peserta!

Jakarta, NextID – PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerjasama dengan HM Engineering menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC), sebuah ajang balap simulator pertama di Indonesia yang digelar oleh pabrikan otomotif. Sejak pendaftaran dibuka pada 15 Juni – 4 Juli 2020, sebanyak 232 pendaftar telah mengikuti babak kualifikasi. Kemudian, sebanyak 60 peserta dinyatakan lulus dari babak kualifikasi dan dibagi ke dalam dua kelas, yakni kelas Professional dan kelas Amateur. Ke-60 peserta tersebut akan berlaga di seri pertama HRSC pada tanggal 11 Juli 2020 mendatang di sirkuit virtual Suzuka.

Dengan mengusung semangat “Race for Everyone,” seri perdana HRSC dipastikan akan berlangsung seru dengan hadirnya beberapa pembalap dari berbagai latar belakang. Di antaranya yaitu pembalap simulator Jaka Siswoyo, Arwin Taruna dan Attaya Kenzie. Tak hanya itu saja, pembalap kejurnas Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) Andika Rama Maulana dan Fitra Eri, serta pembalap gokart Daffa Ardiansa juga mengikuti kejuaraan balap simulator ini. Hingga saat ini, Jaka Siswoyo unggul dengan menduduki posisi pertama di babak kualifikasi kelas Professional.

Guna menunjang kelancaran saat mengikuti kompetisi, para peserta dihimbau untuk mengatur software dan koneksi internet sebelum mengikuti balap. Peserta direkomendasikan menggunakan kabel LAN untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan mengatur tampilan gambar di layar hingga minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag saat balapan. Selain itu untuk dapat meraih gelar juara, para peserta perlu memahami teori balapan dan terus berlatih menggunakan software simulator. Seluruh peserta juga perlu memperhatikan dan menaati peraturan yang ada agar terhindar dari resiko diskualifikasi.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM mengatakan, ini merupakan ajang balap yang sangat menarik karena dilakukan secara virtual, di mana sebelumnya Honda selalu konsisten mengadakan balapan HJSC dan HBSC di Sirkuit Sentul. “Kami senang menyambut respon positif atas penyelenggaraan Honda Racing Simulator Championship ini salah satunya dengan jumlah pendaftar lebih dari 230 orang, melampaui target awal kami sebesar 100 orang. Semoga kompetisi ini dapat memberikan keseruan dan dinikmati oleh lebih banyak orang dari berbagai kalangan,” ujarnya, Selasa (7/6).

 

Flyer ajang Honda Racing Simulator Championship.  Ist
Flyer ajang Honda Racing Simulator Championship. Ist

Kejuar aan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR), di mana setiap peserta akan menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap Rfactor 2. Untuk meraih gelar juara, setiap peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang 6 seri yang akan digelar di beragam sirkuit virtual, dimulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort dan Estoril.

Pada ajang ini, HRSC memberikan total hadiah sebesar Rp 65 juta bagi 10 orang pemenang. Untuk kelas Professional, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp 20 juta, diikuti juara II sebesar Rp 10 juta, juara III sebesar 8 juta, juara IV sebesar 6,5 juta dan juara V sebesar Rp 5,5 juta.

Sementara untuk kelas Amateur, juara I akan memperoleh hadiah sebesar Rp 5 juta, juara II sebesar Rp 4,5 juta, juara III sebesar Rp 3 juta, juara IV sebesar 2 juta dan juara V sebanyak Rp 1 juta.

Seluruh seri dari balap virtual HRSC dapat disaksikan secara langsung melalui akun YouTube dan Facebook @hondaisme pada hari dan tanggal yang telah ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website www.honda-indonesia.com dan ikuti Instagram, Facebook dan Twitter @Hondaisme.

Jadwal Seri 1 HRSC, 11 Juli 2020

Waktu Agenda
  • 19.00 – 20.00
  • Latihan
  • 20.00 – 20.15
  • Kualifikasi Kelas Amateur
  • 20.15 – 20.20
  • Warm up
  • 20.20 – 20.40
  • Balap Kelas Amateur
  • 20.40 – 20.45
  • Warm up
  • 20.45 – 21.00
  • Kualifikasi Kelas Profesional
  • 21.00 – 21.05
  • Warm up
  • 21.05 – 21.45
  • Balap Kelas Profesional

About Gatot Irawan

Check Also

Tips bagi Pemudik dengan Menggunakan Mobil EV

Jakarta, NextID – Ini tips menarik dari Bridgestone jika pemiudik menggunakan EV (kendaraan listrik). Sebab, …

Leave a Reply