Home / Auto / Tips Perawatan Body & Painting Suzuki Sebelum Mobil Kembali Digunakan
Pastikan kendaraan memiliki tampilan terbaik, bebas goresan, karat, serta jamur pada kaca mobil. Ist

Tips Perawatan Body & Painting Suzuki Sebelum Mobil Kembali Digunakan

Jakarta, NextID – Memasuki masa PSBB transisi di Jakarta, tentu ada beberapa peraturan yang diterapkan dalam penggunaan kendaraan bagi masyarakat yang akan kembali beraktivitas. Sebelum kendaraan Anda siap untuk digunakan kembali, pastikan tampilan kendaraan dalam kondisi terbaik. Suzuki Indonesia memberikan kiat khusus dalam merawat tampilan kendaraan Anda seperti berikut.

Menghilangkan goresan pada bodi mobil

Goresan pada bodi mobil kadang sulit dihindari dan kerap kali pengendara tidak menyadari mobilnya tergores. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencuci mobil terlebih dahulu di tempat/lokasi yang tidak terpapar sinar matahari langsung, lalu gunakan compound untuk menghilangkan coretan dan baret halus pada bodi mobil. Gosok bagian tersebut menggunakan kain micro fiber atau busa halus secara melingkar dengan tekanan sedang sampai goresan tidak terlihat. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound. Ulangi proses hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Mencegah bodi mobil berkarat

Bodi mobil yang berkarat dapat terjadi karena terkelupasnya lapisan cat pelindung metal pada mobil, sehingga metal terpapar udara luar yang menyebabkan munculnya karat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi tersebut adalah menghindari parkir terlalu lama di tempat lembap, segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur, serta segera bersihkan plat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai plat bodi.

Merawat kaca supaya tidak mudah berjamur 

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting untuk melindungi pengendara, namun tetap harus memberikan visibilitas yang baik. Jika tidak dirawat dengan baik, kaca mobil dapat ditumbuhi jamur yang disebabkan sisa air kotor yang menempel pada kaca dan menjadi bercak dan berbekas saat kering. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengeringkan kaca mobil dengan sempurna setelah mencuci mobil. Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan. Selain itu, lakukan pembilasan dengan air bersih jika mobil terkena air hujan atau air kotor. Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas, ulangi proses tersebut hingga kaca mobil Anda benar-benar bersih dari jamur.

“Tentunya setelah masa PSBB yang mengharuskan kita beraktivitas di rumah, terkadang kita tidak menyadari tampilan bodi serta kaca mobil jadi kurang terawat. Pastikan kendaraan kita memiliki tampilan terbaik, bebas goresan, karat, serta jamur pada kaca mobil. Selain membuat lebih percaya diri saat berkendara, tentunya juga memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengendara yang mulai beraktivitas di luar rumah lagi pada masa PSBB transisi ini,” ujar Herli Barlian, Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Selasa (23/6).

Dia menyarankan, jika belum mendapatkan hasil yang diinginkan dalam mempersiapkan bodi kendaraan setelah menerapkan kiat dari Suzuki Indonesia, dapat membawa kendaraan ke bengkel resmi Body & Paint Suzuki terdekat untuk mendapat layanan terbaik dan memastikan kendaraan dalam kondisi prima. “Informasi mengenai lokasi bengkel Body & Pain bisa diakses melalui website suzuki.co.id atau ke Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800,” bebernya.

 

About Gatot Irawan

Check Also

Bridgestone Indonesia Raih Penghargaan ‘Change the World 2023’

Jakarta, NextID –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ …

Leave a Reply