Home / Auto / XPANDER AP4 Concept Membetot Perhatian!
Rifat Sungkar dan XPANDER AP4 Concept di ajang IIMS 2019. Ist

XPANDER AP4 Concept Membetot Perhatian!

Jakarta, NextID – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di ajang IIMS 2019 menampilkan unit display special hasil modifikasi yang dilakukan tim motorsport product ambassador Mitsubishi Motors Indonesia terhadap XPANDER dengan konsep XPANDER AP4 Concept.

Tahun ini, XPANDER direncanakan untuk mengikuti sebuah ajang motorsport bertajuk AP4 yang mengusung konsep mobil balap yang menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.

Menurut Naoya Nakamura, President Director MMKSI, XPANDER AP4 Concept menjadi konsep kendaraan reli AP4 dengan basis Mitsubishi XPANDER yang didukung penuh oleh MMKSI. XPANDER AP4 Concept merupakan langkah untuk membuktikan XPANDER memiliki nilai yang lebih dari sekadar mobil MPV keluarga yang berfokus pada kekuatan, ketahanan, impresi berkendara yang fenomenal.

“Modifikasi yang dilakukan terhadap XPANDER AP4 Concept diharapkan menjadi pemacu kalangan hobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobil XPANDER yang dimilikinya hanya dengan upaya dan biaya minimal untuk mencapai hasil maksimal,” ujarnya.

Menurut Naoya Nakamura, ini bisa dilakukan karena XPANDER merupakan kendaraan yang dikembangkan dengan keunggulan desain atraktif, fitur fungsional, ruang kabin yang lapang dan nyaman serta keamanan berkendara.

Unit display special XPANDER AP4 Concept dimodifikasi secara minimal dari model XPANDER dengan kamuflase decal, aksesoris sporty, juga logo XPANDER. Perwujudan sebenarnya dari XPANDER AP4 Concept akan diperkenalkan pada perhelatan GIIAS 2019 mendatang.

Kejuaraan Motorsport AP4
AP4 merupakan sebuah mobil yang dicanangkan oleh Motorsport New Zealand (MSNZ) dan Confederation of Australia Motorsport (CAMS) selaku induk olahraga otomotif di kedua negara tersebut pada tahun 2015.

Awalnya AP4 diciptakan untuk menjadi alternative karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal. Oleh sebab itu konsep AP4 lebih menitik beratkan pada pengurangan biaya produksi menjadi lebih ekonomis bila dibandingkan mobil reli berspesifikasi tinggi.

“Dengan menggunakan konsep AP4 para pelaku industri reli dapat menekan biaya produksi berkali lipat lebih murah karena basis yang digunakan adalah mobil harian yang saat ini beredar di pasaran,” ungkap Rifat Sungkar, pereli yang sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

XPANDER AP4 Concept.  Ist
XPANDER AP4 Concept. Ist

Beberapa faktor yang membuat AP4 lebih terjangkau, menurut Rifat, karena menggunakan mesin, gearbox, serta suspense yang sama untuk seluruh bodi mobil. Dengan kata lain, bodi mobil konsep ini akan membuat seluruh mobil AP4 dapat berbagi sukucadang antar sesama tim yang saat kompetisi reli berlangsung.

“Komisi dan komunitas reli terus mensosialisasikan kelas AP4 sebagai penawar dahaga bagi mereka yang ingin mencicipi keseruan olahraga reli di level internasional. Dengan adanya AP4, sangat memungkinkan bagi pereli Indonesia untuk berlaga di ajang reli Internasional,” tambah Rifat.

Mobil berjenis AP4 ini, menurutnya, dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun.

“Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik,” ujarnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply