Home / Auto / Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019, Bakal Hadir di 14 Kota!
Tanya jawab jurnalis kepada penyelenggara dan sponsor di acara konperensi pers IAM MBTECH, Senin (12/3), di Jakarta. Ist

Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019, Bakal Hadir di 14 Kota!

Jakarta, NextID – Dalam perjalanan 19 tahun di Indonesia, PT HIN Promosindo semakin meluas dalam 2 tahun terakhir melalui digelarnya International Automodified di Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Rekam jejak ini membuat Automodified menjadi satu-satunya ajang pameran mobil modifikasi yang pernah diselenggarakan di 3 negara Asia Tenggara.

Dalam catatan, PT HIN Promosindo telah menyelenggarakan lebih dari 350 pameran mobil modifikasi, barang dan jasa aftermarket pendukungnya. Ajang ini kini disebut, Indonesia Automodified (IAM; dibaca “aɪ əm”). Nah, seri Indonesia Automodified di tahun ini akan kembali mendapat dukungan utama dari MBtech (salah satu merek kulit sintetis otomotif terbesar), dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang telah bekerja sama sejak 2014.

Khusus kerja sama dengan ADM, bersamaan dengan gelaran kompetisi modifikasi Sirion Dress-up Challenge (2014-2016) dan Daihatsu Dress-up Challenge (2017 – sekarang). Setelah membuka tahun 2019 melalui IAM Bangkok yang digelar 15 – 17 Februari lalu, IAM akan membuka seri gelaran di Indonesia melalui digelarnya IAM MBtech 2019, yang diawali pada 23-24 Maret di Tunjungan Plaza Surabaya.

Menurut penjelasan panitia, IAM MBtech 2019 digelar di 14 kota di Indonesia, serta International Automodified di Bangkok, Thailand, dan Kuala Lumpur, Malaysia. “Gelaran ini diharapkan akan kembali mencatatkan diri sebagai ajang pameran modifikasi otomotif terbesar dan terluas yang diselenggarakan di tanah air, sekaligus dalam skala regional ASEAN,” sebut Panitia, Senin (12/3).

Berbagai perusahaan otomotif dan lifestyle pendukung seperti Elang Perdana Tyre Industry (Accelera, Forceum dan Zeetex Tyres), Pioneer Indonesia, Revolt ID Air Suspension, Automaster, Cleo, Teckwrap, Work Wheels Indonesia dan sejumlah brand/perusahaan lainnya, juga akan mendukung keseluruhan, ataupun sejumlah seri IAM MBtech 2019.

Kompetisi ini di samping memamerkan mobil-mobil modifikasi terbaik maupun produk-produk aftermarket dan lifestyle otomotif di tiap serinya, juga memperebutkan lebih dari 150 awards/trofi bergengsi. Keseluruhan awards tersebut merupakan apresiasi untuk mobil-mobil modifikasi yang berkompetisi dengan berbagai aliran, di antaranya stance/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme.

Dalam soal penilaian, didasarkan atas kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio & Video, serta Presentation.

Mengikuti format yang baru diperkenalkan tahun lalu, di tahun ini sebagian besar awards utama,
termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi dalam kelas Players dan Tuners. Kelas Players adalah bagi mobil-mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan untuk dipertandingkan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada digunakan harian. Di kelas ini, tidak terdapat batasan terhadap sektor mana yang boleh dimodifikasi, kecuali pada batasan yang terdapat dalam peraturan umum IAM MBtech di tahun ini, seperti tidak diperbolehkannya untuk melakukan perubahan pada jumlah maupun jarak sumbu roda.

Bersanding dengan kelas Players, kelas Tuners dimaksudkan bagi mobil-mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih terbilang fungsional untuk digunakan sehari-hari. Pada kelas ini, terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilewati bila kompetitor bermaksud untuk berkompetisi di kelas ini, di antaranya tidak diperbolehkannya body conversion alias mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur pada mobil, modifikasi pada bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). ELITE point bersifat akumulatif dari 14 seri penyelenggaraan IAM MBtech di Indonesia.

Daihatsu Dress-up Challenge
Pada seluruh seri penyelenggaraan IAM MBtech tahun ini juga akan kembali digelar secara bersamaan kompetisi satu merek Daihatsu Dress-up Challenge (DDC). Kompetisi ini merupakan perkembangan dari kompetisi Sirion Dress-up Challenge (SDC) yang diselenggarakan HIN sejak 2014 hingga 2016, di mana jika kompetisi modifikasi SDC hanya terbuka bagi mobil Daihatsu Sirion, namun sejak 2017 kompetisi DDC terbuka untuk semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor, alias tidak dibatasi jenis maupun tahun pembuatannya.

Pada setiap seri penyelenggaraan DDC 2019 akan dipilih masing-masing 2 mobil modifikasi terbaik dari tiap model Daihatsu yang masih dijual saat ini: Sirion,
Ayla, Xenia, Sigra, Granmax/Luxio, Terios, serta kelas FFA untuk model Daihatsu lain yang sudah tidak dijual secara resmi namun pernah diedarkan oleh Daihatsu Indonesia.

Selain menawarkan total hadiah lebih dari Rp100 juta hingga putaran final, jumlah penyelenggaraan di tahun ini kembali mengukuhkan Daihatsu Dress-up Challenge sebagai kompetisi mobil modifikasi satu merek terbesar di Indonesia.

IAM MBtech di tahun ini juga akan kembali menghadirkan kompetisi audio mobil HINSound&Style, yang akan mengkompetisikan sejumlah kelas yakni SQ (In Car Entertainment), SQL (Outdoor Entertainment), Internal SPL, dan External SPL.

Di samping kompetisi-kompetisi utama tersebut, berbagai program “wajib” yang diselenggarakan setiap tahunnya juga akan kembali hadir, seperti HINGirlfriends& Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), IAM DJ Hunt, serta Photography Competition.

Selain kontes modifikasi, terdapat pula spesial kategori MBtech Awards yang menantang kreativitas dari para peserta kontes untuk saling berlomba menampilkan hasil kreasi dalam memodifikasi jok dan interior mobil.

Saat seremonial dibuka resmi yang dihadiri seluruh petinggi dan panitia.  Ist
Saat seremonial dibuka resmi yang dihadiri seluruh petinggi dan panitia. Ist

Dalam penyelenggaraannya, sponsor utama akan memberikan spesial kategori yakni MBtech Awards. Menurut penjelasan, apresiasi ini diberikan kepada tiga karya modifikasi jok mobil terbaik yang dipilih berdasarkan penilaian tim juri selama kompetisi IAM MBtech 2019. Penilaiannya berdasarkan ide dan orisinalitas, kreatifitas modifikasi jok maupun interior, hingga aplikasi penggunaan bahan MBtech.

Jadwal Seri IAM MBtech 2019 dan International Automodified 2019:
1. International Automodified Bangkok, 15-17 Februari, Future Park Rangsit
2. Surabaya, 23-24 Maret, Tunjungan Plaza
3. Jogjakarta, 30-31 Maret, Sleman City Hall
4. Balikpapan, 06-07 April, Balikpapan Ocean Square
5. International Automodified at Malaysia Autoshow 2019, Kuala Lumpur, 11-14 April,MAEPS Serdang Hall C
6. IAM IIMS Jakarta, 25 April – 05 Mei, JIExpo Kemayoran
7. IAM IIMS Makassar, 01-05 Mei, Celebes Convention Center
8. Bali, 22-23 Juni
9. Kota Batu, 29-30 Juni, Museum Angkut
10. Batam, 27-28 Juli, Mall Botania 2
11. Medan, 03-04 Agustus, MICC
12. Banjarmasin, 07-08 September, Duta Mall
13. Bandung, 21-22 September, Graha Manggala Siliwangi
14. Palembang, 28-29 September, Jakabarin Sport City
15. Semarang, 05-06 October, Majesty Convention Hall
16. Jakarta, 23-24 November, Ecovention Ancol

About Gatot Irawan

Check Also

Asyiknya Naik Motocompacto di Booth Honda

Tangerang, NextID – Selain menampilkan teknologi dalam berbagai model mobil, PT Honda Prospect Motor juga …

Leave a Reply