Home / Auto / Mitsubishi Ingin Menjadi Nomor 1 di Indonesia!
Naoya Nakamura, President Director MMKSI Ist

Mitsubishi Ingin Menjadi Nomor 1 di Indonesia!

Jakarta, NextID – Angka penjualan industri mobil Indonesia pada tahun 2018 yang mengalami peningkatan 6%, turut memberikan kontribusi positif terhadap PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sehingga berhasil meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan di tahun 2018.

Keberhasilan MMKSI dalam meningkatkan pangsa pasar di kedua segmen tersebut merupakan bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan di Indonesia. Menurut Naoya Nakamura, President Director MMKSI, model Mitsubishi XPANDER berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut meningkatkan volume dan kontribusi segmen low-MPV.

“Proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2019 sebesar 1,1 juta unit, serta banyaknya produk kompetitor yang diluncurkan ke pasar Indonesia makin memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan layanan penjualan dan purnajual terbaik kepada konsumen,” bebernya di sela acara Media gthering MMKSI, Rabu (13/3) di Jakarta.

Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun 2018, tambah Naoya Nakamura, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 146.805 unit (Jan-Des 2018), yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 98.964 unit (Pajero Sport, Xpander, Outlander sport, Delica dan Mirage), terjadi peningkatan penjualan lebih dari 174% dari tahun sebelumnya, atas kontribusi Xpander yang sukses diterima pasar Indonesia.

Rincian penjualan segmen kendaraan penumpang
Rincian penjualan segmen kendaraan penumpang

“Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 47.841unit (Triton, Colt L300 dan Colt T-120SS) naik 9,6% dibandingkan dengan capaian tahun 2017. Secara total, angka penjualan kendaraan (penumpang dan niaga ringan) Mitsubishi di Indonesia meningkat sebesar 84%,” tegasnya.

Sebagian besar model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi berhasil menaikkan pangsa pasar dan mampu meredam penurunan penjualan di masing-masing segmen.

Rincian penjualan retail kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2018
Rincian penjualan retail kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia tahun 2018

Menurut Naoya Nakamura, sejak diluncurkan di ajang GIIAS 2017, angka penjualan Mitsubishi Xpander secara retail sudah mencapai 100.000 unit pada awal Maret 2019. Capaian penjualan retail ini menjadikan Xpander sebagai model kendaraan yang mencapai penjualan tercepat ke 100.000 unit di kelas small-MPV dalam kurun waktu 18 bulan. Seremoni penyerahan unit ke-100.000 dilaksanakan pada kesempatan pertemuan tahunan MMKSI dan media massa nasional pada 13 Maret 2019.

Naoya Nakamura – President Director PT MMKSI (kanan) menyerahkan kunci secara simbolis kepada perwakilan konsumen unit Xpander ke-100.000 yang diterima Billy Thomas – Owner PT Srikandi Diamond Motors.  Ist
Naoya Nakamura – President Director PT MMKSI (kanan) menyerahkan kunci secara simbolis kepada perwakilan konsumen unit Xpander ke-100.000 yang diterima Billy Thomas – Owner PT Srikandi Diamond Motors. Ist

Target dan Strategi 2019
Pada November 2018, MMKSI telah mendapatkan predikat “Mitsubishi Motors’s No.1 Distributor in the World.”. Untuk lebih memperkuat posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2019, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai aktifitas dan strategi berikut:

Di tahun 2019, MMKSI akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah tahunfiskal 2019 ditetapkan di tahun iskal 2019. Naoya Nakamura enggan membocorkan produk baru tersebut.

Komitmen Mempercepat Pengiriman Kendaraan
Saat ini waktu inden dan pengiriman unit Xpander sudah berjalan normal dengan rata-rata waktu pengiriman maksimal satu bulan untuk wilayah DKI Jakarta. Adapun rencana produksi pada pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia akan ditingkatkan hingga 160.000 unit per tahun ditahun fiskal 2020.

“MMKSI berencana memenuhi target pengembangan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi menjadi 153 diler resmi kendaraan penumpang di akhir tahun fiskal 2019. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Cat juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2019 menjadi 20 fasilitas di seluruh Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi,” tegas Naoya Nakamura.

Peningkatan Kepuasan Konsumen
MMKSI memiliki target mempertahankan dan meraih kepuasan konsumen tertinggi konsumen melalui layanan penjualan dan purnajual dengan target meraih penghargaan SSI dan CSI no.1 tahun 2019.

Manajemen MMKSI saat tanya jawab dengan para jurnalis/  Ist
Manajemen MMKSI saat tanya jawab dengan para jurnalis/ Ist

Sebagai sarana pendukung utama pencapaian target, aktivitas above the line, below the line, PR dan digital akan lebih terintegrasi dengan peningkatan saluran komunikasi yang lebih optimal; menggelar beragam event, mulai dari partisipasi pada pameran otomotif berskala international, regional hingga pameran yang diselenggarakan dengan menerapkan standar MMKSI dalam desain booth dan konsep pameran untuk memperkuat brand Mitsubishi Motors.

Naoya Nakamura mengucapkan terimakasih atas dukungan rekan-rekan media yang telah mendukung aktivitas brand Mitsubishi Motors sepanjang tahun 2018. “Hubungan dan sinergi yang terjalin baik ini terwujud melalui berbagai pemberitaan positif yang disampaikan kepada masyarakat, terbukti menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen,” ujarnya.

About Gatot Irawan

Check Also

Sebanyak 448 Unit Jimmy 3 Pintu Di-recall..

Jakarta, NextID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meresmikan kampanye Suzuki Product Quality Update untuk produk Suzuki Jimny 3-door …

Leave a Reply