Saturday , 24 July 2021
Home / Auto / All New Toyota C-HR: SUV Kompak “Against Stereotype”
Sektor buritan All New Toyota C-HR. Ist

All New Toyota C-HR: SUV Kompak “Against Stereotype”

Jakarta, NextID – Toyota amat serius menggarap konsumennya yang istimewa, khususnya penggila All New Toyora C-HR. Tak heran akhirnya pada bulan Maret 2016, Toyota memenuhi janjinya untuk menghadirkan final design Toyota C-HR pada Geneva Motor Show. Koba-san tetap pada desain awal dengan garis tegas dan postur yang modern. Sementara interior pun semakin nyaman dan stylish tanpa meninggalkan ciri khas Toyota.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasar, secara umum Toyota menawarkan 2 pilihan mesin; 1.2L turbo serta 1.8L hybrid. Namun untuk beberapa wilayah di Eropa, Toyota juga menawarkan mesin 2.0L. C-HR pun tersedia dalam penggerak FWD dan AWD (1.200 cc turbo).

Pada perhelatan GIIAS 2017, PT Toyota-Astra Motor menghadirkan Toyota C-HR 1.8L Hybrid sebagai special exhibit, setelah sebelumnya pada GIIAS 2016 menghadirkan C-HR Concept.

Exterior
Konsep desain yang dituju oleh Koba-san adalah “Sensual Speed Cross,” sesuai dengan ekspektasi konsumen Toyota terhadap kendaraan crossover. Sensual, tertuang dalam desain secara keseluruhan, Speed, hadir dalam performa dan kelincahan berkendara,
Cross, berarti crossover atau perpaduan dari dua jenis kendaraan untuk memberikan hasil terbaik.

Fitur kamera mundur yang membantu dalam parkir.  Ist
Fitur kamera mundur yang membantu dalam parkir. Ist

Agar C-HR bisa diterima di pasar global, tentunya Koba-san dan tim harus mencari formula yang tepat. Pemilihan C-Segment untuk dasar pengembangan adalah langkah tepat. Dengan dimensi yang kompak namun tetap memberikan ruang yang lapang, dan masih agile dalam pengendaraan sehari-hari.

Tim pengembangan C-HR sadar betul bahwa pasar ini sudah sesak, banyak produsen yang sudah lebih dulu menghadirkan kendaraan berdimensi kompak dan sangat diterima pasar. Sehingga Koba-san beserta tim harus melakukan pendekatan yang berbeda; dan mereka fokus pada target pasar yang mereka bidik.

“He is a driver who is predominantly driven by emotional considerations. He wants to stand out, and wants to be the first to try new experiences and products. He chooses style over outright practicality, and he sees his car as an extension of his personality. He looks for quality in anything that he buys, and he enjoys a spirited drive. And, since he lives in the city, his car needs to be able to keep up with him as he weaves in and out of rush hour traffic” – Hiroyuki Koba, Chief Engineer Toyota C-HR.

Apa yang diucapkan Koba-san sejalan dengan tagline yang diusung – Against Stereotype.” Artinya kendaraan ini berada pada segmen yang berbeda, dan tampilannya tidak akan sama dengan yang sudah ada, serta berani melepas diri dari sebuah comfort zone. Mereka yang memilih C-HR pun tidak ingin sama dengan kebanyakan, memiliki gaya yang berbeda dan ingin mengendarai kendaraan yang unik, dan memberikan kesenangan berkendara yang berbeda pula.

Interior
Sementara itu, konsep desain interior yang diusung oleh Koba-san adalah “Sensual-Tech,” penggabungan kabin yang fungsional dengan fitur yang berlimpah serta desain ergonomis demi kenyamanan pengendara dan penumpang.

Tuaqs transmisinya unik!  Ist
Tuaqs transmisinya unik! Ist

Desain nuansa berlian yang menjadi basis desain eksterior juga diterapkan di kabin. Tidak hanya pada steering switch, namun terdapat juga pada tombol AC di konsol tengah, sehingga menciptakan harmonisasi antara desain eksterior dan interior.

Untuk menciptakan nuansa yang mewah pada kabin, pemilihan warna black dan licorice brown merupakan paduan yang tepat. Diimbangi dengan black natural leather seat yang memeluk tubuh dengan erat, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara. Tuas transmisi pun memiliki desain yang berbeda dari Toyota pada umumnya, ditemani dengan tombol parking brake/auto break hold.

Audio System pada C-HR menggunakan headunit 7” yang dapat ber-integrasi dengan smart-phone untuk kemudahan konektivitas melalui Bluetooth, USB atau AUX-in, serta mampu memutar CD dan DVD dengan tampilan yang modern.

Mesin
Untuk memberikan kenikmatan berkendara, C-HR dilengkapi dengan mesin 2ZR-FBE 1.798 cc berteknologi Dual VVT-i yang tidak hanya memberikan performa memadai namun sekaligus menghasilkan efisiensi bahan bakar yang optimal. Untuk menyalurkan tenaga ke roda, C-HR dilengkapi dengan transmisi CVT 7-speed. Ini rupanya yang membuatnya gampang ngacir.

C-HR 1.8L
Engine Code 2ZR-FBE
Displacement (cc) 1.798
Max power ps/rpm 141 / 6.400
Max torque kgm/rpm 17,4 / 4.000
Transmission 7-speed CVT

Saat peluncuraqnnya di Ancol pada awal Mei 2018.  Ist
Saat peluncuraqnnya di Ancol pada awal Mei 2018. Ist

Safety
Toyota C-HR memiliki piranti keselamatan yang lengkap untuk memberikan peace of mind kepada pengemudi dan penumpang. Safety Features pada C-HR termasuk;
 Impact Absorbing Structure
 7 SRS Airbags
 Vehicle Stability Vehicle (VSC)
 Hill-Start Assist (HSA)
 Traction Control
 Rear-Cross Traffic Alert
 Blind-Spot Monitor
 ABS + EBD + BA

Color Choices
Toyota C-HR hadir dengan pilhan warna yang beragam, bahkan tersedia pilihan warna Two-Tone. Total warna yang ditawarkan ada 5; 3 Single-Tone (Metal Stream, White Pearl, Black Attitude) dan 2 Two-Tone (Blue Metallic with black roof, Red Mica Metallic with black roof).

Terima kasih kepada PT Toyota Astra Motor atas kepercayaannya sehinga kami bisa bertualang dengan SUV kompak nan keren ini.

About Gatot Irawan

Check Also

Ada Apa Daihatsu Gencar Bekali Teknologi Otomotif ke Guru SMK se-Jawa Timur?

Jakarta, NextID – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berkomitmen dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu …

Leave a Reply