Wednesday , 4 August 2021
Home / Auto / Pikap yang Melambangkan Kekuatan dan Kejantanan…
Bayang-bayang atas pikab yang melambangkan kejantanan itu makin jelas, terlihat dari gaya Mitsubishi Motors dalam melayangkan foto tersebut. Ist

Pikap yang Melambangkan Kekuatan dan Kejantanan…

Jakarta NextID – Info kapan pikap teranyar Mitsubishi Motors bakal meluncur, belum ada kejelasannya, namun diprediksi tak lama lagi. Bayang-bayang kehadirannya itu makin jelas seiring dengan bombardir berita dan foto-foto pikap generasi pertama hingga model anyar tersebut, dikirim ke dunia maya. Dari foto tersebut, pikap teranyar lebih macho dan melambangkan total kejantanan…?

Generasi Pertama 1978 FORTE/L200
Pada masa ini ada permintaan yang besar di luar negeri, khususnya di Amerika Utara, atas sebuak truk pikap kecil yang digunakan untuk berkendara sehari-hari ke sekolah dan bekerja dan juga untuk rekreasi.
Mitsubishi Motors memperkenalkan truk pikap 1 ton pertama dengan nama FORTE pada September 1978, dan mulai mengekspor ke Amerika Utara pada bulan Oktober.

Nama FORTE diambil dari bahasa Italia yang bermakna “kuat.” Prototipe kendaraan ini melewati serangkaian uji ketangguhan yang dilakukan di Amerika Utara, Thailand, dan Arab Saudi untuk memastikan kehandalannya. Sekitar 657.000 unit kendaraan diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan sebagian diproduksi di pabrik Laem Chabang di Thailand.

Desain dari model ini mengambil contoh dari sedan kompak GALANT Σ, dengan hidung yang panjang dan air-dam yang pertama kali digunakan pada truk, dan empat lampu depan yang berbentuk bulat. FORTE ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter dan 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan mesin bensin 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lainnya. Mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk ekspor umum. Dengan lebar 1.360 mm dan wheelbase 2.780 mm untuk memastikan stabilitas pengandaraan yang luar biasa.

Rangka yang digunakan juga sangat canggih untuk sebuah kendaraan komersial, dengan rem cakram pada roda depan, suspensi depan menggunakan double wishbone/coil spring, dan per daun serta rigid axle pada bagian belakang.

Interior yang sangat kedap dihasilkan melalui pendekatan tanpa kompromi pada performa NVH, termasuk dengan penggunaan prop shaft 2 bagian dan penggunaan material segel yang ditempatkan dengan sangat baik.

Pengaruh Mitsubishi Motors dengan pengalaman bertahun-tahun memproduksi Jeep, dan penambahan sistem penggerak 4WD part time yang baru dikembangkan yang disambungkan langsung dengan silent chain. Sistem ini mereduksi kebisingan gear dan tenaga yang hilang, serta memungkinkan pengendaraan kecepatan tinggi.

Model ini merupakan pendahulu dari model 4WD Mitsubishi Motors, seperti PAJERO/MONTERO dan DELICA.

Generasi Kedua 1986 STRADA/L200
Pada Maret 1986 model ini mendapatkan ubahan menyeluruh. Sisi eksterior mendapatkan ubahan yang berkelas melalui desain grille depan yang baru dan beberapa ubahan detail lainnya. Garis desain memberikan kesan tangguh, modern dan efisien terhadap udara.

Beragam pilihan konfigurasi ditawarkan termasuk tiga tipe bodi kendaraan yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab, dimana pilihan bodi pendek dan panjang juga tersedia untuk varian Single Cab. Selain itu, terdapat juga pilihan penggerak 2WD dan 4WD, serta pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter.

Penamaan juga mengalami perubahan seiring dengan hadirnya double-cab STRADA di Jepang pada 1991. Model ini juga dikenal dengan nama MIGHTY MAX di Amerika Utara, TRITON di Australia, dan L200 di daerah lain. Di Amerika Utara, model ini juga dijual oleh Dodge dengan nama RAM 50.
Secara total, model generasi kedua ini diproduksi sekitar 1.146.000 unit yang diproduksi di pabrik Ohe di Jepang dan pabrik Laem Chabang di Thailand.

Generasi Ketiga 1995 STRADA/L200
Produksi STRADA/L200 generasi ketiga dimulai pada November 1995 di Thailand. Interior dan eksterior mendapatkan ubahan total untuk memberikan kesan yang khas dan canggih.
Desain baru ini merefleksikan kebutuhan konsumen akan sebuah truk pikap yang juga mampu menjadi kendaraan penumpang untuk penggunaan pribadi. Model ini diposisikan sebagai kendaraan dengan kapasitas lima penumpang yang cukup nyaman dan dapat diandalkan untuk kegiatan rekreasi dan komersil.

Tenaga dan kemampuan off-road ditingkatkan melalui penggunaan mesin turbodiesel 2.5 liter intercooled dan fitur baru “Easy Select 4WD.” Keamanan dan perlengkapan juga ditingkatkan untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang terbiasa dengan kenyamanan sekelas kendaraan penumpang. STRADA/L200 dijual di Thailand dan juga diekspor ke Eropa, Oceania, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika. Secara total sekitar 1.046.000 kendaraan diproduksi.

Model ini menampilkan: Tampilan baru yang segar dengan menggabungkan ketangguhan truk pikap dengan desain kendaraan penumpang; Interior dengan cita rasa kendaraan penumpang, termasuk penggunaan door trim yang dicetak dan padding yang besar untuk menambah kenyamanan; Luas area kargo yang termasuk terbesar di kelasnya; Mesin turbodiesel 2.5 liter intercooled dengan pengendaraan yang lebih baik; Peningkatan fitur keamanan aktif dan pasif seperti penggunaan airbag di sisi pengemudi, anti-pinch power window, dan lampu rem dengan level tinggi.

Juga wajah segarnya tercermin dari sistem “Easy Select 4WD” Mitsubishi Motors diadopsi dengan sinkronisasi gardan depan yang memberikan kebebasan bagi pengemudi untuk memilih mode berkendara yang paling cocok terhadap kondisi jalan; Beberapa fitur ini tersedia pada varian tertentu: Mitsubishi Motors ABS yang mencegah ban terkunci saat pengereman untuk memberikan kestabilan pada pengemudian dan limited slip differential (LSD) hybrid yang meningkatkan stabilitas berkendara.

Generasi Keempat 2005 TRITON/L200
Pada Agustus 2005, model ini mendapatkan ubahan total setelah diperkenalkan di Thailand pada 2005 dan diekspor secara bertahap hingga mencapai 150 negara, dan menjadi model penting bagi strategi global Mitsubishi Motors.

TRITON/L200 dikembangkan dengan tiga fitur utama yang memungkinkan model ini untuk menaklukkan dunia. Pertama, kendaraan ini harus melampaui persyaratan performa sebuah truk pikap seperti nilai ekonomis, kuat, dan dapat diandalkan. Kedua, harus memiliki standar kualitas tertinggi guna memperkuat merek dalam skala global. Dan terakhir, harus memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat beragam, tidak hanya menjadi kendaraan komersial saja. Total sekitar 1.423.000 TRITON/L200 generasi keempat diproduksi.

Fitur yang menjadi ciri khas model generasi keempat ini antara lain desain interior dan eksterior yang inovatif yang menunjukkan cita rasa sporty dan stylish. Kemasan secara keseluruhan menghadirkan interior yang paling lega di kelasnya, sementara suspensi dan perlengkapan interior memberikan kenyamanan berkendara yang mampu menandingi kendaraan penumpang.

Elemen-elemen ini tidak hanya memperlihatkan sisi inovatif dari TRITON/L200 di pasar itu sendiri, tapi menghilangkan citra bahwa truk pikap hanya dapat digunakan sebagai kendaraan komersial. Hal ini memperluas basis konsumen truk pikap Mitsubishi Motors secara signifikan.

Mesin diesel pengembangan terbaru dengan direct injection common rail menghasilkan tenaga yang besar dengan konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang rendah. Bodi yang baru juga mampu meraih tingkatan tertinggi kemampuan menahan benturan di kelasnya. Partisipasi pada Dakar Rally dan kompetisi lainnya menghasilkan performa off road 4WD yang superior dan memberitahukan kepada dunia tentang ketangguhan TRITON/L200.

Inilah Triton yang merupakan generasi kelima.  Ist
Inilah Triton yang merupakan generasi kelima. Ist

Generasi Kelima 2014 TRITON/L200
Generasi kelima TRITON/L200 hadir pada 2014 dan memperjelas konsepnya untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen yang semakin meningkat. Peningkatan penggunaan dan daya tahan untuk kebutuhan komersial, kesan sporty yang mudah dan menyenangkan untuk dikendarai, kualitas yang memuaskan konsumen, dan kenyamanan bagi seluruh penumpang merupakan seluruh kualitas yang diwujudkan oleh TRITON/L200, dan berevolusi menjadi “ultimate sport utility truck.”

Tiga opsi kabin ditawarkan bagi konsumen untuk masing-masing kebutuhan: Single Cab, Double Cab, dan Club Cab pintu ganda.

Mesin 2.5 liter turbodiesel dan 2.4 liter bensin yang telah dikembangkan hadir bersama dengan mesin baru 2.4 liter MIVEC “clean” turbodiesel. Mesin ini mampu memberikan performa luar biasa dengan keiritan konsumsi bahan bakar terbaik dan emisi CO2 yang rendah. Transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan sport mode juga ditawarkan untuk pertama kalinya.

Sistem 4WD juga terus dikembangkan. Sistem “Easy Select 4WD” memiliki tiga posisi: 2H, 4H, 4L untuk memberikan traksi maksimal yang sesuai dengan kondisi jalan, dan “Super Select 4WD-II” yang hadir dengan electronic actuator.

Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan, termasuk versi standar dan versi “High Rider” yang memiliki ground clearance yang sama dengan varian 4WD untuk meningkatkan performa di jalan yang rusak.

About Gatot Irawan

Check Also

Komunitas VW Indonesia Bikin Sentra Vaksinasi Keliling

Jakarta, NextID – Demi terwujudnya upaya pencegahan Covid-19, giat vaksinasi dilakukan sejumlah pihak yang direkomendasikan …

Leave a Reply