Home / Auto / Mitsubishi Berkisah, Menyambut Kesuksesannya di Segmen Pikap!
Pikap Mitsubishi generasi kedua. Ist

Mitsubishi Berkisah, Menyambut Kesuksesannya di Segmen Pikap!

Jakarta, NextID – Mitsubishi Motors bakal melansir pikap anyar dan mengajak konsumen bernostagia sejenak guna menyambut model pikap terbaru nanti. Mari me-refresh ingatan dengan menyimak data ini mulai dari generasi pendahulu model FORTE, TRITON dan L200, serta sekilas informasi tentang model ini di masa depan.

Generasi Pertama
September 1978

* FORTE, truk pikap 1 ton diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama MITSUBISHI TRUCK dan L200. Ekspor ke Amerika Utara dimulai pada Oktober.
* Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2,6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1,6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2,3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Oktober 1980

* Sistem 4WD part-time diperkenalkan
*

Generasi Kedua
Maret 1986

* Pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan: Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2,6 liter, dan diesel 2,5 liter (meningkat dari 2,3 liter).

Mei 1991

* Diperkenalkan dengan nama STRADA untuk pasar Jepang (khusus Double Cab).

Generasi ketiga pikap Mitsubishi.  Ist
Generasi ketiga pikap Mitsubishi. Ist

Generasi Ketiga
November 1995

* Model truk pikap baru L200 STRADA diperkenalkan di Thailand.
* Produksi dipusatkan di pabrik MSC Laem Chabang untuk ekspor ke seluruh dunia.
* Tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2,5 liter atau 2,8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem inovatif “Easy Select 4WD”.

Generasi Keempat
Agustus 2005

* Pikap TRITON baru diperkenalkan di Thailand dan penjualan di pasar lain juga dimulai secara berurutan setelah peluncurannya di Thailand.
* Hadir dengan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab yang ditenagai oleh mesin diesel common-rail pengembangan terbaru 2,5 liter dan 3,2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem “Easy Select 4WD” atau “Super Select 4WD”.

Makin gagah pikap Mitsubishi ini yang dikenal sebagai TRITON.  Ist
Makin gagah pikap Mitsubishi ini yang dikenal sebagai TRITON. Ist

Generasi Kelima
November 2014

* Generasi kelima diluncurkan di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain.
* Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab. Powertrain adalah mesin diesel pengembangan terbaru 2,4 liter MIVEC turbo, 2,5 liter turbo, dan mesin bensin 2,4 liter. Tersedia dalam pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem “Super Select 4WD-II” yang mengadopsi electronic actuator.

About Gatot Irawan

Check Also

IMI Tak Rekomendasi Balap Motor Digelar di Sirkuit Formula E..!

Jakarta, NextID – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru saja mengungkapkan keinginannya untuk untuk …

Leave a Reply