Home / Auto / Pergeseran Pilihan MPV Bekas di Semester I/2018
Diskusi Carmudi.co.id di GIIAS 2018 yang membahas pasar mobil bekas. Ist

Pergeseran Pilihan MPV Bekas di Semester I/2018

BSD City, NextID – Kendati tahun ini banyak yang menilai sebagai tahun yang sulit dan penuh tantangan bagi industri otomotif, ternyata bawa berkah tersendiri bagi Carmudi.co.id. Selama semester pertama 2018, Carmudi.co.id mengalami jumlah peningkatan listing (iklan jualan) mobil bekas sebanyak 217% di bandingkan periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini dinilai Nimash Stefano Kirihettighe, selaku CEO Carmudi.co.id sebagai bentuk kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap situs jual beli kendaraan tersebut. “Tren dunia online, tidak hanya mempengaruhi gaya hidup orang Indonesia, tapi juga terhadap cara mereka memasarkan atau menjual barang, mobil atau produk otomotif lainnya,” katanya, Senin (6/8) dalam diskusi pasar mobil bekas si GIIAS 2018 denan jurnalis.

Untuk model yang paling laku dipasarkan berdasarkan data divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Carmudi.co.id, telah terjadi pergeseran pilihan MPV bekas dibandingkan tahun lalu. Jika setahun silam MPV kembar Avanza dan Xenia menduduki peringkat pertama, kini Honda Mobilio bekas mulai merangsek ke posisi atas.

Data tersebut terlihat dari penjualan unit mobil bekas di bursa otomotif Carsentro di Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. Dari sekitar 2.000 unit penjualan mobil bekas selama semester 1, Toyota Avanza menduduki posisi pertama dengan raihan 7,9%, diikuti dengan Honda Mobilio bekas sebesar 7,7%.

Sementara untuk jenis kendaraan bekas, kategori MPV masih mendominasi sebesar 54,5%. Posisi kedua diduduki oleh kategori city car dengan 18,6% dan SUV (14,6%). Untuk data selengkapnya lihat infografis.
“Di Semarang, Solo dan Yogyakarta penjualan mobil bekas city car seperti Honda Brio bekas menduduki posisi teratas. Hal itu didasari dengan kebutuhan keluarga muda akan mobil bekas yang terjangkau. Dengan cicilan dan kemudahan dari lembaga pembiayaan membuat mobil kompak itu laris di pasaran,” jelas Stefano.

Akusisi E-Commerce Lokal
Melihat kondisi yang stabil di pasar mobil bekas, membuat opitimisme Carmudi.co.id dalam berbisnis tahun ini. Untuk semakin menancapkan kuku di bisnis otomotif dan membangun ekosistem bisnis otomotif,

Carmudi.co.id juga menghadirkan layanan terbaru yakni, menjual mobil baru dengan banyak keuntungan.
Hal pertama yang dilakukan dengan mengakusisi bisnis jual beli mobil baru Gudangmobil.id. Perusahaan startup lokal ini diambil alih oleh Carmudi.co.id untuk memuluskan jalan menembus bisnis jual mobil baru di Indonesia.

Kelebihan yang ditawarkan dalam bisnis baru Carmudi.co.id ini pun beragam. Seperti kemudahan konsumen dalam memilih mobil baru (ready stock), unit test drive bisa dibawa ke rumah konsumen yang tertarik, layanan lengkap lembaga pembiayaan, dan terakhir keuntungan mendapatkan banyak bonus layanan produk aftermarket.

Selama GIIAS 2018 ini, layanan baru Carmudi.co.id, menawarkan voucher produk aftermarket senilai Rp 15 juta, voucher bensin Rp 500 ribu dan Cashback hingga Rp 2 juta untuk pembelian mobil baru segala macam jenis.

Selama di GIIAS, booth Carmudi akan diramaikan dengan berbagai aktivitas bagi pengunjung yang menghadirkan hadiah menarik seperti games Wheel of Fortune yang menawarkan banyak hadiah dari E-Toll hingga hadiah Hotwheels.

Tidak ketinggalan di booth Carmudi yang terletak di Hall 1, Booth E2, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD ada kompetisi “Carmudi GIIAS Challenge, Lo Kira Review Mobil Gampang?” Kompetisi mereview mobil di ajang GIIAS tersebut menawarkan hadiah total senilai Rp 10 juta.

About Gatot Irawan

Check Also

Asyik, Distribusi Jimny 5-door Berjalan Lancar

Jakarta, NextID – Telah genap dua bulan sejak diluncurkan pada medio Februari lalu, PT Suzuki …

Leave a Reply