Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest Berhak ke Jepang!
Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Darmawan Widjaja (kanan) dan Keijiro Inada (kanan), serta Pembina Taman Lalu Lintas Bandung Yul Yunazwin (tengah) berfoto bersama Xylone Margareth Andariska, pemenang lomba gambar Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) Indonesia 2018 yang karyanya terpilih mewakili Indonesia pada ajang kompetisi TDCAC global di Tokyo, Jepang, pada acara pembukaan Festival Hari Anak Toyota, di Taman Lalu Lintas Bandung, Jumat (13/7). Ist

Pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest Berhak ke Jepang!

Jakarta, NextID – PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar Festival Hari Anak Toyota sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 30 Juni lalu, serta untuk menyambut Hari Anak Nasional yang akan diperingati pada 23 Juli nanti.

Festival tersebut berlangsung selama 2 hari, yaitu dari 14 – 15 Juli 2018 di Taman Lalu Lintas Bandung. Acara pembukaan berlangsung pada 13 Juli 2018, festival dibuka untuk publik, khususnya masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

Sepanjang acara, Toyota hadir dengan booth khusus di mana pengunjung, khususnya anak-anak dapat mengikuti Kelas Seni Toyota dengan berbagai aktivitas seperti pelatihan membuat sketsa, menggambar, melipat kertas (origami), doodle art, face painting, games, serta Safety Driving Class sebagai bagian dari edukasi dan paralelisasi dengan objektifitas Taman Lalu Lintas Bandung.

“Melalui acara Festival Hari Anak Toyota ini, maka diharapkan dapat menghadirkan kebahagian bagi keluarga yang datang. Keluarga yang bahagia diyakini akan menciptakan anak-anak yang bahagia pula, sehingga mampu mendorong kreativitas mereka dalam berkarya,” kata Darmawan Widjaja, Direktur TAM, dalam pembukaan acara di Taman Lalu Lintas Bandung, Jumat (13/7).

Sebelum penyelenggaraan Festival Hari Anak Toyota di Taman Lalu Lintas Bandung, pada tanggal 14-15 Juli 2018, Jumat (13/7) juga digelar pengumuman para pemenang Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2018.

Salah satu aktivitas CSR di bidang pendidikan adalah melalui program Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest, yaitu kontes menggambar mobil impian masa depan bertaraf internasional bagi anak-anak dan remaja di bawah usia 15 tahun.

TAM sendiri secara kontinu menyelenggarakan lomba menggambar TDCAC ini sebagai dukungan besar terhadap pengembangan bakat seni dan kreativitas generasi muda di Indonesia melalui penyelenggaraan Lomba Gambar Toyota Dream Car Art Contest.

“Toyota senantiasa memberikan kontribusi di bidang sosial sebagai wujud dari semangat Toyota Berbagi. Melalui TDCAC, diharapkan dapat memfasilitasi generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan menggambar, serta menumbuhkan kesadaran mereka akan pentingnya pelestarian lingkungan,” ujar Darmawan.

TDCAC merupakan inisiatif Toyota Group secara global dalam merangsang kreativitas anak-anak usia sekolah yang dilaksanakansejak tahun 2004 dan telah memasuki penyelenggaraan ke-12 pada tahun ini.

Melalui TDCAC, Toyota Group mengajak anak-anak di seluruh dunia dan khususnya di Indonesia, untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.

Setiap ide cemerlang diyakini berawal dari sebuah mimpi dan lomba ini diharapkan mampu mendorong dan memelihara kreativitas anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus di masa depan.

Rangkaian kegiatan TDCAC ke-12 secara global sudah berlangsung sejak pengujung tahun 2017 lalu. Di Indonesia, rangkaian TDCAC dimulai dari program sosialisasi pada November 2017 hingga Januari 2018, dan tahap akhir pengumuman pemenang dilakukan di bulan Juli 2018.

Sama dengan tahun sebelumnya, TDCAC kali ini terbagi menjadi 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk usia antara 12—15 tahun.

Penyelenggaraan TDCAC 2018 mendapatkan animo semakin besar dari anak-anak Indonesia. Hal itu terlihat dari jumlah karya yang masuk ke panitia sebanyak 10.805 karya, meningkat 62% dibandingkan tahun lalu sebanyak 6.720 gambar.

Lebih lanjut, Darmawan berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam lomba ini sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impian mereka.

Para juri TDCAC terdiri dari Nasril Syahrial dari Kementrian Pendidikan Nasional, Sigit Purnomo yang merupakan Visual Editor di Kids Magazine, Shahnaz Haque yang merupakan public figure dan juga pemerhati anak-anak, Anto Motulz sebagai pakar menggambar dan media sosial, serta perwakilan dari manajemen Toyota-Astra Motor.

Setelah melalui tahapan seleksi dan penilaian oleh tim juri, akhirnya terpilih 3 pemenang dari masing-masing kategori usia, yaitu kategori di bawah 8 tahun, kategori usia 8—11 tahun, serta kategori usia 12—15 tahun.

Selain ke-9 pemenang tersebut, juga terdapat 2 pemenang lainnya yaitu kategori Inspiration Award dan Indonesian Theme. Serta pengumuman 1 karya yang menjadi perwakilan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat global di Jepang.

Jika terpilih sebagai pemenang di tingkat global, perwakilan Indonesia ini akan diundang ke Jepang untuk menghadiri Global Ceremony of the 12th Toyota Dream Car Art Contest pada Agustus 2018.

Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004, Indonesia sudah 6 kali berpartisipasi pada ajang ini, yaitu tahun2008, 2011, 2012, 2015, 2016, serta 2017, dan Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang baik.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan anak Indonesia berhasil meraih juara dan memperoleh Gold Award di ajang World Contest TDCAC. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua nomor juara dan memperoleh Silver dan Bronze Award.

Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih predikat juara untuk kategori Bronze Award. Pada 2015, berhasil meraih 2 kemenangan untuk Bronze Award. Pada tahun 2016, satu predikat Silver Award, dan pada tahun 2017 berhasil meraih gelar 3 gelar yaitu Engineering Inspiration Award, Silver Award, serta Encouragement Award.

Pemenang TDCAC 2018:
Kategori 1 (di bawah 8 tahun):
1. Xylone Margareth Andariska asal Surabaya
Judul karya : Alphabet Car
2. Rayhan Axel Rich asal Jakarta
Judul karya: Honey Car
3. Rajata Albee Prasetya asal Jakarta
Judul karya: Orangutan Rescue Car

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):
1. Husna Hafishah Hapsari asal Yogyakarta
Judul karya: Bamboo Car
2. Ellena Lauretta Susanto asal Jambi
Judul karya: Time Travel Car
3. Sherly Vermont Qwerni asal Jakarta
Judul karya: Toyota Disabled Car

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):
1. Sherine Kiatandi asal Jakarta
Judul karya: Toyota Peace & Unity Car
2. Michiel Filisia Ivansius asal Sumatera Selatan
Judul karya: Flower Car for Our Parents
3. F. Jonathan asal Jakarta
Judul karya: Toyota Cardiac Plaque Cleaner Car (Toyota CPC Car)

Penghargaan khusus:
1. Indonesia Theme : Rajata Albee Prasetya
2. Inspiration Award : Sherine Kiatandi
3. Finalist Global Award : Xylone Margareth Andariska

About Gatot Irawan

Check Also

GESITS Diekspor ke Senegal

Bogor, NextID – PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik GESITS ke …

Leave a Reply