Tuesday , 19 October 2021
Home / Auto / Pasar Mobkas Kawasan Timur Indonesia Didominasi Makassar
Carsentro Makassar yang baru dibuka berlokasi di kawasan startegis di Jalan A.P. Pettarani Kav. E18 sebagai lokasi teranyar Carsentro Makassar. Ist

Pasar Mobkas Kawasan Timur Indonesia Didominasi Makassar

Makassar, NextID – Pertumbuhan pasar mobil bekas (mobkas) yang meningkat membuat beberapa lembaga pembiayaan menyasar bursa mobil bekas di Makassar, Sulawesi Selatan. Peningkatan ini salah satunya disebabkan mulai maraknya bisnis jual beli kendaraan bekas secara online.

Menurut Ronald Dona, Head of National Used Car Marketing Adira, perbandingan penjualan antara mobil baru dan bekas itu sudah sama. “Kami melihat sekarang sudah 50:50, karena itu juga kami di Makassar punya 5 cabang Adira Finance dan satu cabang khusus untuk menangani mobil bekas,” katanya, Sabtu (7/7).

Ronald menambahkan, kendati bisnis jual beli online tumbuh, konsumen Makassar tetap membutuhkan melihat mobil secara langsung dan mengunjungi tempat penjual. Salah satu tempat itu adalah bursa mobil bekas.

Meningkatnya pasar mobil bekas di Makassar ini pula yang membuat Carmudi.co.id memindahkan lokasi bursa mobil bekas Carmudi Sentra Otomotif (Carsentro) ke sentra bisnis otomotif di tengah Kota Makassar.

Sebelumnya Carsentro Makassar menempati area parkir Trans Studio Mall. Dan untuk memudahkan konsumen mencari mobil bekas, Carsentro pun mencari lokasi strategis di Kota Makassar. Setelah riset pasar, terpilihlah kawasan Jalan A.P. Pettarani Kav. E18 sebagai lokasi teranyar Carsentro Makassar.

Dekat dengan beberapa diler mobil baru, diyakini Jalan A.P. Pettarani menjadi tempat atau pusatnya otomotif Kota Makassar. Di lokasi yang baru ini, Carsentro Makassar Jalan A.P. Pettarani akan mampu menampung 100 unit mobil bekas.

Dengan luas lokasi 2.150 meter persegi, konsumen mobil bekas bisa memilih kendaraan yang berkualitas, lengkap dengan bantuan lembaga pembiayaan terpercaya, seperti BCA Finance dan Adira Finance.

Menurut Etrisno, Chief Business Development Officer Quality Used Car Carmudi.co.id, animo masyarakat Makassar terhadap mobil bekas diyakini sangat besar. Namun, karena lokasi sebelumnya yang dinilai jauh dari pusat kota, maka Carsentro Makassar harus berbenah agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen mobil bekas.

“Carmudi masih akan fokus dengan Carsentro. Wilayah di luar Pulau Jawa, seperti Makassar ini akan kami garap maksimal. Di berbagai daerah makin meningkat. Tercatat rata-rata tiap bulan Carsentro di Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya, mampu menjual 250 unit mobil bekas tiap bulan,” katanya.

Acara seremoni peresmian Carsentro Makassar yang dilaksanakan manajemen Carmudi dengan pihak perusahaan pembiayaan.  Ist
Acara seremoni peresmian Carsentro Makassar yang dilaksanakan manajemen Carmudi dengan pihak perusahaan pembiayaan. Ist

Carsentro ini adalah bursa mobil bekas yang diselenggarakan di banyak kota di Indonesia. Program ini merupakan yang pertama dilakukan oleh situs jual beli kendaraan dalam menyelenggarakan bursa mobil bekas secara offline.

Sebelum Makassar, Carsentro sudah hadir di kota-kota, khususnya di Pulau Jawa. Seperti di Semarang, Solo, Surabaya, dan DI Yogyakarta. Program Carsentro ini telah bekerjasama dan didukung oleh BCA Finance dan Adira Finance sebagai solusi tepat pembiayaan para konumen pembeli mobil bekas di Carsentro.

Dalam program ini, Carsentro merangkul tidak hanya diler besar tapi juga rekan-rekan diler yang masih tradisional untuk sekaligus mengedukasi dan memfasilitasi strategi offline dan online marketing penjualan mobil bekas mereka.

About Gatot Irawan

Check Also

40 Tahun Inovasi dan Kesuksesan Peugeot Sport

Jakarta, NextID – Peugeot Global terus melakukan langkah inovasi. Tidak terkecuali pada divisi Peugeot Sport …

Leave a Reply